KABAR NASIONAL

Hindari Tengkulak, Golkar Minta Kementan dan UPPB Aktif Sosialisasi ke Petani Karet

ilustrasi petani dan perkebunan karet (foto: dok. nbc Indonesia)

kabargolkar.comMasih rendahnya kesadaran petani karet untuk memanfaatkan jasa Unit Pengolah dan Pemasaran Bokar (UPPB) sehingga masih banyak petani karet yang bergantung dengan tengkulak, menjadi perhatian Partai Golkar.

Melalui rilis yang diterima kabargolkar.com pada Rabu (26/9/2018) Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong Komisi IV DPR meminta Kementerian Pertanian (Kementan) dan UPPB bersama Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (GAPKINDO) untuk aktif melakukan sosialisasi.

Kegiatan ini untuk menjelaskan tujuan dibentuknya UPPB beserta keuntungannya kepada para petani karet agar petani karet tertarik untuk bergabung dengan UPPB. “Mengingat keuntungan yang didapatkan petani yang tergabung dengan UPPB lebih tinggi daripada keuntungan menjual pada tengkulak,” demikian ungkap politisi Golkar ini.

Bamsoet juga mendorong Komisi IV DPR meminta Kementerian (Kementan) dan UPPB untuk membuat program seperti kemudahan dalam peminjaman modal dan program-program lainnya yang meningkatkan kesejahteraan petani karet, sehingga petani karet tidak bergantung pada tengkulak dan beralih untuk bergabung dengan UPPB. (tim liputan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *