KABAR GOLKAR KABAR NASIONAL

Incar AKD, Golkar Target Posisi Ketua Komisi I, II dan XI DPR

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Agung Laksono. (Foto: ROL/Havid Al Vizki)

kabargolkar.com, JAKARTA – Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono mengakui adanya target perolehan kursi ketua di sejumlah komisi DPR RI. Ia ingin kader partai berlambang pohon beringin itu menjabat ketua komisi I, II dan XI DPR RI.

Agung menyebut Golkar berhak atas tiga kursi ketua komisi dan sembilan kursi wakil ketua komisi atau badan di DPR. Ia bahkan berharap perolehan kursi ketua komisi bisa bertambah dengan lobi-lobi politik yang tengah dilakukan.

“Kita dapat tiga ketua komisi dan sembilan wakil ketua komisi atau di badan-badan. Dari 17 posisi kami berjuang supaya sekitar 14 hingga 15 posisi baik ketua atau wakil. Minimal empatlah ketua, yang lain wakil,” katanya pada Republika.co.id di Universitas Nasional, Selasa (8/10).

Ia mengatakan Golkar belum memutuskan siapa saja yang mengisi kursi ketua dan wakil ketua komisi itu. Pihaknya masih mengkaji nama-nama anggota DPR terpilih yang bakal menduduki jabatan strategis tersebut. “Belum diputus siapa, tentu nanti dibagi-bagi, setidaknya di komisi I (luar negeri), II (dalam negeri), XI (keuangan). Mungkin bisa tambah komisi atau di badan lain,” ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memulai pembahasan pengisian alat kelengkapan dewan (AKD) pada Senin (7/10). Jumlah pengisian jabatan pimpinan alat kelengkapan dewan disebut disesuaikan dengan urutan perolehan kursi yang didapat masing-masing partai. (republika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *