KABAR NASIONAL

Inspirasi Millenial! Kisah Aburizal Bakrie 72 Tahun Mendulang Sukses

 

Ini lho filosofi ARB

Membawa filosofi keindonesian, kemanfaatan, dan kebersamaan, taipan sukses ini berhasil mengibarkan panji kejayaan Bakrie Group. Filosofi ini, menjadi nilai dasar (core values) yang juga disebut Trimatra Bakrie.

Piagam Bakrie, dengan filosofi Trimatra Bakrie: Keindonesiaan, Kemanfaatan, Kebersamaan

Aburizal Bakrie adalah sosok yang sangat patuh kepada orang tua. Ucapan sang ayahanda, (alm) H Achmad bakrie benar-benar diserap dan dimaknai secara mendalam. Filosofi ini diambil dari amanat H. Achmad Bakrie, bahwa “Setiap rupiah yang dihasilkan Bakrie harus bermanfaat bagi orang banyak”.

Filosofi ini diajarkan dan diteladankan kepada anak-cucu serta karyawannya. Nilai dasar tersebut mencerminkan keseimbangan tiga kecerdasan yang menjadi pilar kehidupan manusia, yaitu “kecerdasan spiritual”, “kecerdasan intelektual” dan “kecerdasan emosional”. Core Values tersebut dinamakan Trimatra Bakrie. Tiga matra yang dikemudian hari dinamakan “Keindonesiaan”, “Kemanfaatan” dan “Kebersamaan” itu didefinisikan sebagai berikut:

Matra Keindonesiaan: Cara pandang, motif dan tindakan Insan Bakrie yang bangga sebagai Bangsa Indonesia, berwawasan global dan berkontribusi bagi masyarakat dunia.

Matra Kemanfaatan: Cara pandang, motif dan tindakan Insan Bakrie yang mengutamakan efektivitas dan efisiensi sumber daya untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Matra Kebersamaan: Cara pandang, motif dan tindakan Insan Bakrie yang mengedepankan sinergi dalam keragaman.

 

Gemar berorganisasi

Aburizal bakrie adalah sosok yang sangat gemar berorganisasi. Sejak masa sekolah, kuliah, bahkan hingga menjadi pengusaha, dirinya selalu terlibat dalam berbagai organisasi. Baginya, dengan ikut aktif terlibat dalam berbagai kegiatan organisasi, akan lebih luwes dalam pergaulan, menggali potensi diri, dapat melihat berbagai peluang, serta membangun jaringan serta meningkatkan rasa percaya diri. Sosok yang lulus dari teknik elektro ITB pada tahaun 1973 ini aktif bergerak dalam Dewan Mahasiswa. Dirinya pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro ITB, Ketua Dewan Mahasiswa ITB, dan tercatat salah satu pendiri Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), serta ketua HIPMI ketiga.

Aburizal Bakrie muda (net)

ARB aktif di berbagai organisasi, seperti ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia), ASEAN Chamber of Commerce & Industry, International Councellor Asia Society (1996 – 1997). Dirinya menjabat sebagai Ketua Umum Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) selama 2 periode (1994 – 2004), Anggota Dewan Penasihat, International Finance Corporation (1993 – 1995). Presiden ASEAN Business Forum selama 2 periode (1991 – 1995), Ketua Umum PII (Persatuan Insinyur se-Indonesia) periode 1989-1994, Wakil Ketua Asosiasi Kerja Sama Bisnis Indonesia – Australia, 1984 – 1988 Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, 1977 – 1979, Ketua Umum Gabungan Pabrik Pipa Baja Seluruh Indonesia, 1976 – 1989.

Dalam politik pun,  ARB tidak tanggung-tanggung. Dirinya tercatat sebagai anggota MPR-RI selama 2 periode (1988 – 1998), Ketua Umum DPP Partai Golkar selama dua periode, yaitu 2009 – 2014, dan 2014-2016, serta Ketua Dewan Pembina DPP Partai Golkar untuk periode 2016-2019.

ARB tidak hanya aktif di organisasi, tapi juga memegang posisi puncak/kunci. Hal ini menunjukkan kepiawaiannya dalam memimpin organisasi.

 

selanjutnya: Mengasah bakat dagang sejak muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *