KABAR KADER KABAR NASIONAL

Jadi Kandidat Menperin, Ini Profil Agus Gumiwang

kabargolkar.com, JAKARTA – Agus Gumiwang Kartasasmita termasuk salah satu tokoh yang dipanggil Presiden Jokowi di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (22/10). Usai pertemuan, Politisi Golkar ini mengisyaratkan bakal dipercaya menjadi Menteri Perindustrian (Menperin) periode 2019-2024.
Agus Gumiwang mengaku sempat berdiskusi soal isu manufaktur hingga industri kecil saat bertemu Jokowi hari ini. “Saya kira itu yang jadi tugas dari Presiden,” kata Agus Gumiwang.
Lantas siapa sosok Agus Gumiwang?
Agus Gumiwang menjabat sebagai Menteri Sosial pada Kabinet Kerja Jokowi-JK. Ia menjabat selama 1 tahun (2018-2019) karena hanya menggantikan Idrus Marham, sesama politisi Partai Golkar yang ditahan KPK.
Pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969 ini merupakan putra dari pejabat orde baru dan politisi senior, Ginandjar Kartasasmita. Ia menyelesaikan pendidikan S1 di Pacific Western University dan Northeastern University, Amerika Serikat (AS). Jalur pendidikan Agus kemudian berlanjut dengan menempuh pendidikan Pascasarjana Magister Administrasi Publik di Universitas Pasundan, kemudian berlanjut pada program Doktor Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran (Unpad).
Di jalur profesional, Agus Gumiwang pernah menjadi Presiden Direktur PT Agumar Eka (1994-1999) dan masih aktif sebagai Komisaris PT Asiana Lintas Development (2012-sekarang).
Agus Gumiwang mulai terjun di dunia politik sejak lulus S1 dari AS atau mulai tahun 1994. Wadah politik pertamanya adalah organisasi kepemudaan Partai Golkar, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Ia mulai masuk dan langsung menjadi Wasekjen DPP AMPI (1994-1999). Kemudian karier politiknya berlanjut di partai berlambang Pohon Beringin itu sebagai Wakil Ketua DPD Golkar Jabar hingga posisi terakhirnya sebagai Ketua DPP Partai Golkar Bidang Pengabdian Masyarakat (2016-2019).
Agus Gumiwang juga masuk parlemen sejak 1998 hingga saat ini. Ia pernah di Komisi I, III, VIII, dan terakhir di Komisi XI. (kumparan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *