Kabar Parlemen

Jelang Pemilihan Ketua MPR, Bambang Soesatyo Dapat Dukungan 335 Suara

Bambang Soesatyo (net)

kabargolkar.com, JAKARTA –¬†Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) bakal menentukan ketuanya malam ini. Ada dua kandidat yang menguat di bursa MPR-1 yakni Bambang Soesatyo atau Bamsoet dari Fraksi Golkar dan Ahmad Muzani perwakilan Fraksi Gerindra. Siapa yang bakal terpilih?

Bamsoet merupakan Ketua DPR periode 2014-2019 yang dicalonkan oleh Partai Golkar untuk menjabat Ketua MPR 2019-2024. Partai Golkar gencar melakukan lobi-lobi untuk memuluskan jalan Bamsoet.

“Selain itu, rapat juga memutuskan Pak Zainudin Amali sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR RI dan menugaskan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI dari Partai Golkar,” kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (1/10).

Hingga pagi ini, Bamsoet tercatat telah mendapat dukungan dari PDIP, Partai NasDem, PAN dan PPP. Jika diangkakan berdasarkan perolehan kursi di parlemen, termasuk milik Golkar, Bamsoet telah mengantongi dukungan lebih dari 300 suara.

Untuk diketahui, PDIP memiliki 128 kursi, Golkar 85 kursi, NasDem 59 kursi, PAN 44 kursi dan PPP 19 kursi. Total suara yang dikantongi Bamsoet mencapai 335.

Dukungan ini berguna seandainya proses musyawarah mufakat untuk menentukan ketua MPR mandek. Dalam Pasal 21 Tata Tertib MPR tentang tata cara pemilihan Ketua MPR, opsi pemungutan suara berlaku jika musyawarah untuk mufakat seperti yang tertuang dalam Pasal 19 ayat (7) tidak tercapai.

Para anggota MPR yang hadir dalam rapat nantinya diberikan hak suara untuk memilih kandidat ketua MPR. Total anggota MPR sendiri mencapai 711 orang yang terdiri dari 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD.

Lalu, bagaimana dengan Ahmad Muzani? Partai Gerindra per Rabu (2/10) malam menyatakan telah melakukan lobi-lobi ke seluruh fraksi di parlemen termasuk kelompok DPD. Gerindra yakin Muzani bisa menjadi Ketua MPR.

“Itu wewenang pimpinan yang bisa menyampaikan tapi insyaallah mudah-mudahan bisa musyawarah untuk mufakat menjadikan ketua MPR-nya Bang Muzani,” kata anggota DPR F-Gerindra Andre Rosiade. (detik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *