KABAR PILEG

Jerry Sambuaga Mendapat Dukungan Mahasiswa Untuk Kembali ke DPR

Anggota DPR RI Jerry Sambuaga

kabargolkar.com, MANADO – Mahasiswa asal Nusa Utara yang sedang menimba ilmu pada sejumlah perguruan tinggi di Manado dan Tondano menilai Jerry Sambuaga wakil rakyat punya komitmen kuat mengawal aspirasi masyarakat Nyiur Melambai. Meski belum setahun duduk di DPR RI, Ketua Bappilu Golkar Sulut dan Gorontalo itu terbukti sudah menunjukkan kinerja yang memuaskan konstituennya.

Salah satunya soal ketersediaan jaringan telekomunikasi dan internet di daerah kepulauan. Permintaan Jerry saat hearing Komisi 1 DPR RI yang turut hadiri Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Rudiantara pada pertengahan tahun 2018 lalu agar ketersediaan jaringan internet di daerah pemilihannya, khusunya daerah kepulauan dan wilayah lainnya kini membuahkan hasil.

Rudiantara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey sudah mendatangani prasasti konektivitas Palapa Ring Paket Tengah di Tahuna, Jumat (18/1/2019). Dua menteri kabinet Jokowi itu bahkan langsung mencoba pemanfaatan akses internet tersebut di ibukota Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang telah dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Rudiantara dan Sri Mulyani serta Olly juga melakukan melakukan video conference dengan Menteri Kesehatan Nila Moeloek yang didampingi Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Hasilnya internet bisa terkoneksi dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Ketika bertemu sekitar enam bulan lalu di Jakarta, Bung Jerry Sambuaga berjanji untuk memperjuangkan ketersediaan jaringan telekomunikasi dan internet ini di Komisi 1. Janji dan perjuangkannya itu terbukti. Setelah disetujui Komisi 1 DPR RI,  Menteri Kominfo RI dan Gubernur Sulut bergerak cepat mewujudkannya,” kata Tony Sahula, mahasiswa asal Tahuna di Manado, Senin (21/1/2019).

Firmina, mahasiswi lainnya membenarkan. “Bung Jerry wakil rakyat yang peduli terhadap daerahnya. Selain pintar, sering diundang jadi pembicara dan narasumber di televisi nasional. Ia juga komitmen akan janjinya.  Ia layak diandalkan,” ucap Firmina.

Dari berita di berbagai media, Bakti Kemenkominfo telah membangun 1 menara telekomunikasi seluler jaringan 4G dan 6 tower 2G di Sangihe. Saat ini Bakti Kemenkominfo tengah mempersiapkan proses migrasi ke 4G.

Selain itu, akses internet pun telah disiapkan Bakti Kemenkominfo di 51 lokasi, yaitu satu puskesmas, tiga kantor desa, satu lokasi layanan publik dan 46 sekolah yang siap terkoneksi dengan jaringan Palapa Ring Tengah.Sementara itu,

“Ini adalah komitmen dari Presiden Jokowi dan Gubernur Olly Dondokambey untuk membangun dari pinggiran dan memperkuat NKRI yang diwujudkan dengan pembangunan infrastruktur. Sesuai target Kominfo, semua wilayah, semua desa akan terjangkau internet tahun ini,” ujar Jerry Sambuaga.

Kala menghadiri Forum Grup Disscusion (FGD) yang diselenggarakan Komunitas Pers Manado, Sabtu (6/10/2018) lalu di Manado, Ketua Pemuda Mahasiswa Minahasa Jakarta ini memang sudah menyampaikan rencana pemerintah untuk menyediakan ketersediaan jaringan telekomunikasi dan internet di daerah kepulauan.

“Kominfo itu adalah mitra kerja kami Komisi 1. Sebagai wakil rakyat asal Sulut, saya sudah menitipkan soal ketersediaan jaringan internet itu ke Menteri Kominfo ketika menghadiri undangan Komisi 1.Teman-teman di Komisi 1 juga menyetujui karena  ketersediaan internet sangat penting dalam pelayan an publik,” kata Jerry ketika itu. (indobrita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *