KABAR NASIONAL

Jusuf Kalla Ingatkan Bawaslu untuk Bersikap Netral

Jusuf Kalla (reuters)

kabargolkar.com, JAKARTA РWakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar semua anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersikap netral. Hal itu disampaikan Kalla saat memberikan sambutan pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bawaslu di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Senin (10/12/2018).

“Yang sangat penting itu independensi. Bagaimana Anda semua independen. Walapun saya tahu Anda juga warga negara biasa. Itu juga berhak memilih. Pasti Anda juga berhak memilih calon. Cuma harus Anda rahasiakan itu sendiri,” kata Kalla.

Ia mengatakan, setiap anggota Bawaslu memiliki etika jabatan yang harus dijunjung tinggi yaitu menjaga independensi. Kalla juga menyadari posisinya yang juga sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin berpotensi bergesekan dengan jabatannya sebagai Wakil Presiden.

Meski demikian, ia menyerahkan kepada Bawaslu untuk mengawasinya sebagai bagian dari tim kampanye.

“Karena hanya pemilu yang bermartabat dan kredibel, menghasilkan pemimpin yang kredibel dan bermartabat. Kalau kita ingin pemimpin negeri ini bermartabat, maka pemilunya harus bermartabat. Dan pemilu yang bermartabat diawasi orang yang independen dan bermartabat,” lanjut Kalla. (kompas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *