KABAR NASIONAL

Jusuf Kalla Sebut BJ Habibie Cetuskan Ide Awal Pembangunan MRT

Wapres JK. (Foto : viva/Cahyo Edi)

kabargolkar.com, JAKARTA – Wakil Presiden, Jusuf Kalla merupakan salah satu tokoh yang cukup dekat dengan mendiang Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie. JK punya banyak kenangan dan pesan yang disampaikan Habibie kepadanya semasa hidupnya.

Wapres mengatakan, ide awal dibangunnya Mass Rapid Transit (MRT) adalah dari BJ Habibie. Saat itu, sekitar awal tahun 1990-an, JK dan Habibie sedang menghadiri suatu kegiatan di Jepang.

“Sebenarnya awal ide MRT itu dari beliau. Jadi, tahun 90-an saya acara dengan beliau di Jepang, satu hotel. Dia undang saya ke acara seminar, lalu beliau ceritakan bagaimana suatu kota yang punya MRT,” tutur JK dalam acara Mengenang Habibie di tvOne, Kamis malam, 12 September 2019.

Menurut JK, pembangunan MRT di Jakarta merupakan salah satu cita-cita mendiang Habibie. Dia juga mengakui dalam keadaan apa pun, Habibie tak pernah lupa untuk membicarakan kemajuan bangsa dengan teknologi.

“Sampai akhirnya, Jakarta punya MRT, saya bilang ke beliau, ‘Pak, ini kan ide bapak 30 tahun lalu’. Kemudian beliau jawab ,’Iya, 30 tahun lalu baru sempat dibikin, lama amat,” ungkap JK mengulang pembicaraannya dengan Habibie.

Selain soal teknologi, JK juga mengingat Habibie sebagai sosok yang mendekatkan Islam dengan pemerintahan pada saat Islam mulai banyak dicurigai di banyak negara. Dengan pembentukan ICMI, akhirnya Islam moderat pun muncul.

“Jadi, bagaimana Islam moderat muncul di Indonesia itu karena jasa beliau. Beliau juga selalu ingatkan concern terhadap  bagaimana kita belajar dengan baik dan mendorong generasi muda. Dalam keadaan apa pun selalu disampaikan,” ungkapnya. (vivanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *