KABAR GOLKAR KABAR NASIONAL

Kaleidoskop Golkar 2018: Mantap Hadapi Pilkada, Berbenah Menangkan Pemilu 2019

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto berdiskusi bersama para fungsionaris pusat Partai Golkar (Lamhot Aritonang/detikcom)

kabargolkar.com – Konstelasi politik nasional di tahun 2018 memanas. Ada dua hal yang menjadi magnet besar dalam dunia politik di 2018. Pertama adalah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak pada pertengahan tahun 2018. Kemudian berlanjut dengan proses pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan mencapai puncaknya pada 17 April tahun 2019. Pemilu 2019 yang menyelenggarakan Pemilihan Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Presiden (Pilpres) secara serentak menyita perhatian publik. Proses ini berlangsung setelah pelaksanaan Pilkada berjalan dengan sukses. Walaupun Pemilu serentak baru akan berlangsung pada tahun 2019, tapi tahapan-tahapan Pemilu sudah berjalan di tahun 2018.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bergandengan tangan bersama Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie saat pembukaan Rapimnas Partai Golkar di Jakarta Convention Center, Senin (18/12/2017). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Setelah gejolak partai yang penuh dengan turbulensi pada 2017, Partai Golkar banyak melakukan pembenahan Selama 2018. Sampai dengan pertengahan tahun, Golkar sibuk memantapkan partai menghadapi Pilkada 2018. Setelah  itu, mesin partai juga kembali dipanaskan untuk menghadapi dan memenangkan Pemilu 2019 tahun depan.

Berikut beberapa peristiwa penting bagi Partai Golkar sepanjang 2018.

Pemilihan Bambang Soesatyo menjadi Ketua DPR RI

Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo (Instagram/@bambang.soesatyo)

Partai Golkar memutuskan menunjuk Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR RI. Penunjukan ini merupakan keputusan Ketua Umum Airlangga yang memiliki hak prerogatif untuk menunjuk siapapun di antara anggota Fraksi Golkar sebagai Ketua DPR RI. Keputusan ini mendapatkan dukungan Dewan Pembina Partai Golkar, yang disampaikan oleh Ketuanya, Aburizal Bakrie.

Senin (15/1/2018), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi melantik Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR. (tirto.id)

Dewan Perwakilan Rakyat RI pada Senin sore (15/01/2018) menggelar rapat paripurna dan secara resmi melantik Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR RI.

Pengumuman struktur baru DPP Partai Golkar

Ketua Umum Airlangga Hartarto mengumumkan struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar yang baru pada Senin, 22 Januari 2018. Airlangga menunjuk Letnan Jenderal (Purn) Lodewijk Freidrich Paulus menjadi Sekjen Golkar yang baru menggantikan Idrus Marham. Terakhir kali posisi Sekjen Golkar diisi oleh sosok mantan TNI terjadi pada kepemimpinan Jusuf Kalla. Hal ini adalah sesuatu yang biasa, mengingat selama ini Partai Golkar selalu dekat dengan militer.

Lodewijk Freidrich Paulus saat menghadiri pengumuman kepengurusan baru Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, 22 Januari 2018. Lodewijk Freidrich Paulus ditunjuk sebagai Sekjen Partai Golkar. (TEMPO/Subekti)

Golkar lolos verifikasi faktual tingkat pusat

Pada Senin (29/1/2018) Komisi Pemilihan Umum ( KPU) menyatakan Partai Golkar memenuhi syarat verifikasi faktual di tingkat pimpinan pusat. Proses yang berlangsung di Kantor DPP Golkar, Kemanggisan, Jakarta Barat berlangsung selama 40 menit. KPU memeriksa tiga komponen, yaitu domisili kantor, keanggotaan kepengurusan partai di tingkat pusat serta keterwakilan perempuan. Khusus untuk keterwakilan perempuan, syarat yang ditetapkan oleh KPU yaitu sebesar 30 persen dari jumlah total pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Para pengurus Partai Golkar bersama pimpinan KPU dan Bawaslu di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (29/1/2018)(Kompas.com/Yoga Sukmana)

 

selanjutnya: Tetapkan target di Pileg dan Pilpres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *