KABAR DPD Kabar Parlemen

Kecemasan Legislator Golkar Luwu Pasca Banjir Bandang Sentani

Dampak banjir bandang Sentani, Jayapura, Papua. [foto: wartakota]

kabargolkar.com, BELOPA — Fraksi Partai Golkar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu pantau banjir bandang yang terjadi di Sentani, Papua.

Hal tersebut diutarakan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Luwu, Yamin Annas saat ditemui di ruang fraksinya di Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Senin (18/3).

“Kami minta BPBD Luwu maupun Dinas Sosial (Dinsos) untuk memantau perkembangan bencana di Sentani, Jayapura. Menurut informasi yang kami terima banyak korban jiwa yang meninggal dan luka-luka,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini cukup penting untuk mengetahui asal para korban banjir bandang, karena tidak menutup kemungkinan para korban ada warga asal Kabupaten Luwu.

“Daerah Sentani adalah salah satu distrik di ibu kota Kabupaten Jayapura, Papua. Warga di sana banyak juga asal Sulawesi Selatan (Sulsel) termasuk warga asal Kabupaten Luwu. Kita berharap tidak ada yang mengalami tragedi itu. Tetapi kalaupun ada yang menjadi korban jiwa, Pemerintah Kabupaten Luwu harus memberikan perhatian. Sama saat bencana di Lombok dan Palu,” harapnya.

Yamin Annas juga menyampaikan turut berduka cita atas bencana yang dialami masyarakat Sentani Jayapura.

Sekedar diketahui banjir bandang menerjang kawasan Sentani, pada Sabtu (16/3). Banjir ini disertai material lumpur, pasir, batu dan gelondongan pepohonan. Akibatnya, 350 rumah dan puluhan infrastruktur lainnya rusak berat.

Banjir bandang ini juga menelan puluhan korban jiwa. Tim gabungan yang melakukan evakuasi mencatat korban yang meninggal dunia hingga Senin (18/3) sudah mencapai 70-an orang, dan korban luka-luka mencapai 43 orang. [tribunluwu]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *