KABAR NASIONAL

Keluarga Dan Kerabat DPR-DPD RI Padati Gedung Parlemen Jelang Pelantikan Anggota Dewan

Keluarga dan kerabat anggota DPR-DPD RI yang akan dilantik di gedung DPR (Foto: VIVAnews/Eduward Ambarita)

kabargolkar.com, JAKARTA – Dengan jumlah 575 orang, anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang akan dilantik telah berkumpul bersama keluarga mereka masing-masing di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Hari ini, Selasa 1 Oktober 2019, selain anggota DPR, ada juga 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terpilih yang akan diambil sumpahnya.

Pantauan VIVAnews, keluarga dan kerabat, dari para wakil rakyat periode 2019 – 2024, ingin ikut menyaksiksan salah satu dari keluarga berkantor di Senayan.

Para keluarga tampak sudah memadati pelataran Gedung Nusantara III, untuk menonton jalannya pelantikan. Sebab, dari ruangan Paripurna atau dikenal dengan sebutan gedung Kura-kura, tempat pelantikan, tidak dapat menampung sanak saudara anggota dewan yang akan dilantik. Bahkan, kepadatan kerabat anggota dewan yang baru sampai lorong gedung Nusantara III.

Adapun rangkaian acara dimulai dengan pelantikan pimpinan sementara DPR, DPD, dan terakhir ialah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Baru pukul 10:00 WIB, sidang Paripurna akan dimulai dengan pengucapan sumpah atau janji anggota DPR.

Kemudian, dilanjutkan rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang diikuti oleh seluruh fraksi. Rapat itu juga untuk menentukan jajaran pimpinan.

“Bamus dari semua fraksi-fraksi. Bamusnya akan setelah jam 2, akan kami pertemukan, pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat Bamus. Kami perkirakan, sudah akan ketemu formatnya, DPR itu tidak sulit ya, semua sudah diatur jelas di dalam UU-nya,” kata Sekjen DPR, Indra Iskandar, saat dikonfirmasi.

Setelah itu, acara dilanjutkan secara maraton. Usai pelantikan penentuan pimpinan DPR dapat dilakukan pada malam hari ini, setelah rapat Bamus.

Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama KPU juga dijadwalkan hadir dalam acara pelantikan ini. (vivanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *