KABAR NASIONAL Kabar Parlemen

Ketua DPR Dorong Industri Perikanan Adaptasi Revolusi Industri 4.0

ilustrasi nelayan (net)

kabargolkar.com, JAKARTA –¬†Perubahan global yang terjadi begitu cepat membutuhkan upaya untuk tetap bersaing, yaitu dengan cara mengikuti perubahan tersebut. saat ini, terjadi perubahan masif dalam industri, yang dikenal dengan sebutan revolusi industri 4.0. Perubahan ini meliputi lini industri di segala bidang.

Tren perubahan melalui Revolusi Industri 4.0 pun melanda industri perikanan. Bila tidak dicermati dengan baik, hal ini dapat menimbulkan kesenjangan teknologi hulu-hilir antara nelayan dan industri pengolahan ikan, serta menyebabkan nelayan kecil yang tidak menggunakan teknologi akan semakin tertinggal.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo pun menaruh perhatian terhadap hal ini. Melalui rilis yang diterima kabargolkar.com, pada Kamis (15/11/2018) dirinya mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk memberikan kemudahan fasilitas kepada nelayan kecil.

Kemudahan seperti mendapatkan perahu yang berteknologi, tentu dibutuhkan guna membantu para nelayan dalam melakukan kegiatan menangkap ikan. Disamping itu, juga memerlukan bantuan bimbingan dalam menggunakan teknologi yang diberikan.

Politisi Partai Golkar ini juga mendorong Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap bersama Koperasi Nelayan dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) untuk bersinergi dalam membantu nelayan kecil, baik dari sisi peralatan maupun pemasaran hasil tangkap ikan.

Yang juga menjadi perhatian adalah perlindungan dari tengkulak yang dapat merugikan para nelayan.

“Mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag-red) membuat regulasi untuk mengatur harga ikan guna melindungi nelayan kecil dari tengkulak-tengkulak yang dapat mempermainkan harga ikan,” pungkasnya. (tim liputan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *