KABAR PILEG KARYA KEKARYAAN

Ketua Kosgoro 1957 Jatim : Golkar Menang Dulu Baru Jokowi Presiden, Jangan Kebalik

Yusuf Husni, Ketua PDK Kosgoro 1957 Jawa Timur (nusantaranews)

kabargolkar.com, SURABAYA – Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957, Satu di antara organisasi sayap partai Golkar, menjelaskan bahwa menjadi sebuah kewajaran bagi calon legislatif Golkar untuk berkomitmen memenangkan partai di pemilu mendatang. Bahkan, komitmen itu berada di atas prioritas memenangkan pemilihan presiden.

Ketua Kosgoro 1957 Jatim, Yusuf Husni menjelaskan bahwa perhelatan Pemilu 2019 menjadi tidaklah mudah bagi partainya. Sebab, untuk pertama kali, Caleg harus bekerja ganda, yakni selain berjuang pemilihan legislatif, mereka harus memenangkan pemilihan presiden

Meskipun demikian, pria yang akrab disapa Cak Ucup tersebut menyebut bahwa pihaknya telah menentukan skala prioritas terhadap dua tugas itu. Yang mana, kemenangan partai lebih didahulukan dibanding kemenangan pilpres. ”Target Golkar adalah Menang Pemilu, Jokowi Presiden. Artinya, tugas utama Caleg adalah soal Pileg. Prioritas kedua baru Pilpres,” kata Cak Ucup kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (30/12/2018).
”Kalau sampai kebalik, namanya Kontraproduktif politik,” lanjutnya.

Hal ini menjadi kewajaran bagi partainya sebab Pemilu merupakan ajang kontestasi antar parpol. ”Pemilu adalah momentum partai untuk berlomba menjadi pemenang. Apabila menang, partai memiliki peluang untuk mengawal pengelolaan pemerintahan,” jelas Cak Ucup.

Di samping memenangkan Pileg, para Caleg juga diberikan tanggungjawab untuk memenangkan Pilpres. Sosialisasi calon Presiden-Wakil Presiden, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin pun dilakukan sejalan dengan sosialisasi pileg.
”(Mendukung) Jokowi memang menjadi keputusan partai sehingga hal ini sekaligus menjadi tugas kader partai untuk ikut memenangkan. Caleg memang diwajibkan untuk mensosialisasikan pilihan politiknya, termasuk mempromosikan sosok presiden yang dipilih Golkar,” lanjut mantan Anggota DPRD Jatim ini.

Meskipun demikian, ia tak memungkiri bahwa ada sebagian daerah di Jawa Timur yang memiliki kontradiksi dengan sosok pasangan Capres nomor urut 01 ini. Menanggapi hal ini, Cak Ucup kembali menegaskan bahwa kepentingan partai untuk menang lebih diprioritaskan.

”Para Caleg Golkar sudah sangat paham. Mereka sudah cerdas. Mereka tahu momentum untuk mensosialisasikan Capres, mana yang untuk kebutuhan partai,” ulasnya diplomatis.

Wakil Ketua DPD Golkar Jatim ini menambahkan bahwa untuk memudahkan kerja para caleg, Golkar telah membentuk Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) yang terstruktur dari pusat hingga daerah. ”Partai sudah membuat penugasan kepada Bappilu, khusus untuk menangani pemenangan. Saat ini, Bappilu untuk seluruh kota dan kabupaten sudah terbentuk,” tandas Cak Ucup.

Pihaknya pun masih cukup optimistis bahwa Golkar dapat meraih hasil optimal pada pemilu mendatang. Mengingat, basis massa Golkar terkenal begitu loyal.

”Golkar memiliki kelebihan dibanding partai baru. Golkar memiliki basis massa yang loyal,” kata Cak Ucup.
Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya pemilih yang mencoblos gambar partai dibanding gambar calegnya.

”Selama ini, Pemenang Pileg dihasilkan dari mayoritas pemilih yang nyoblos partai, bukan nyoblos calegnya. Golkar memiliki pemilih yang seperti itu sehingga Caleg Golkar akan beruntung. Para caleg akan mendapat limpahan suara partai,” ulasnya.

Kedepan, Bappilu Golkar memiliki tugas utama untuk mempertahankan loyalitas pemilih tersebut. ”Tugas bappilu adalah minimal mempertahankan suara Golkar. Kalau bisa, tentu menaikkan pemilih partai. Sehingga, tugas caleg menjadi ringan,” pungkasnya.

Di pemilu 2014 silam, Golkar berhasil meraih 11 kursi untuk DPRD Jatim dan 11 kursi untuk DPR RI dari 11 dapil di Jawa Timur.

Pada pemilu mendatang, Golkar menargetkan dapat meraih 17-20 kursi untuk DPRD Jatim. Sedangkan untuk tingkat DPR RI, partai berlambang pohon beringin ini bisa meraih 15-17 kursi dari dapil Jatim. (suryacoid/tribun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *