KABAR KADER KABAR PILEG

Kotak Pemilu Berbahan Kardus, Caleg Golkar Sebut Semua Parpol Sudah setuju

kotak

Djafar Ruliansyah Lubis, MH

kabargolkar.com Keputusan KPU terkait pemakaian bahan kardus untuk kotak suara Pemilu 2019 menimbulkan keresahan di masyarakat. Terutama terkait keamanan suara didalamnya, apalagi bila terkena air atau banjir. Ditakutkan suara rakyat akan hilang.

Menanggapi hal ini, kader Partai Golkar Djafar Ruliansyah Lubis, MH memberikan tanggapannya kepada kabargolkar.com, Senin 17 Desember 2018.

“Kardus itu sudah diputuskan pemerintah, DPR dan KPU. Putusan MK itu memutuskan bahwa kotak suara pemilu mesti transparan. Tapi karena biaya untuk akrilik itu mahal maka diganti dengan kardus yang transparan,” ujarnya.

Sosok yang maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Sumut III nomor urut 4 ini mengatakan bahwa sebelumnya semua parpol telah mengatakan setuju. “Semua parpol itu sudah setuju dengan pemakaian bahan kardus. Jadi tidak perlu takut. Masyarakat tidak perlu resah dan takut terhadap hal-hal yang tidak diinginkan,” demikian lanjut Djafar.

Djafar juga mengatakan bahwa kotak suara itu akan mendapatkan perlindungan dengan dibungkus plastik agar terhindar dari terkena air. Dengan demikian kotak suara dan surat suara didalamnya tetap aman. “Daerah kepulauan seperti Pulau Seribu, yang mana kotak suara akan dibawa ke Jakarta Utara itu dibungkus plastik sebelum diberangkatkan dengan kapal. Begitu juga daerah lain.”

Disamping itu, Djafar mengatakan bahwa keamanan suara juga akan ikut diawasi oleh pengawas Pemilu di tiap TPS yang ada. “Toh justru DPR dan pemerintah mengijinkan Bawaslu untuk merekrut pengawas Pemilu itu 1 saksi di setiap TPS,” pungkasnya. (tim liputan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *