KABAR DPD Kabar Parlemen

Legisator Golkar Sumbar Dorong Pemprov Perjuangkan Nasib Warga Garabak Data

Kondisi jalur Garabak Data, Kabupaten Kapuas. [foto: soloknews]

kabargolkar.com, PASAMAN — Harapan warga Garabak Data, Kabupaten Solok untuk menikmati akses jalan yang baik masih terhalang oleh hutan lindung. Di sisi lain, angin segar menyelemuti warga di sepanjang jalan Tapus-Muaro Seilolo, Kecamatan Mapattunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) karena sebanyak Rp7,6 miliar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) akan dikucurkan untuk kelanjutan pembangunan jalan di daerah itu.

Terkait jalan di Garabak Data, Kabupaten Solok, DPRD Sumbar mengimbau agar Pemprov Sumbar memperjuangkan ke pemerintah pusat agar persoalan keterhalangan pembangunan yang telah dimulai sejak 2014 namun terhenti karena keberadaan hutan lindung bisa ditemukan jalan keluarnya.

Anggota Komisi IV DPRD Sumbar yang membidangi infrastruktur, Saidal Masfiyuddin mengatakan, beberapa titik lokasi pembangunan jalan di kawasan Garabak Data memang berada pada kawasan hutan lindung.

“Tahun ini tidak ada dianggarkan, karena masih menunggu pelepasan kawasan hutan lindung itu,” kata Saidal seperti dilansir harianhaluan.com, Senin (25/2).

Politisi Golkar itu menambahkan, melihat pentingnya akses jalan di Garabak Data, karena dapat memperpendek jarak tempuh antar daerah, serta mendorong ekonomi masyarakat, ia berharap hal ini dapat menjadi fokus utama Pemprov Sumbar untuk diperjuangkan ke pemerintah pusat. Ditambah lagi, jalan itu termasuk sebagai jalan strategis provinsi yang harus diprioritaskan.

“Akses jalan ke daerah itu masih belum bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat. Sementara ini, pembangunan jalannya masih terkendala perizinan dari Kementerian Kehutanan (Kemenhut) RI,” tandasnya. [harianhaluan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *