KABAR DPD Kabar Parlemen

Legislator Golkar Barsel Ingin Pemuda Jaga dan Lestarikan Kebudayaan

Tarian wadian bulat yang merupakan kesenian di Barsel ini diharapkan DPRD Barsel untuk dapat terus dilestarikan. [foto: HUMAS SETWAN/KALTENG POS]

kabargolkar.com, BUNTOK – Anggota DPRD Barsel Hj Nyimas Artika menginginkan kesenian dan kebudayaan untuk tidak dilupakan oleh masyarakat Kabupaten Barsel. Terutama bagi kaum muda yang ada di kabupaten ini. Mengingat seni dan budaya bakal tergeser karena munculnya budaya asing yang digemari kaum muda.

Ketua Fraksi Golkar ini memberikan aparesiasi kepada Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Barsel yang secara terus menerus mengingatkan masyarakat Barsel supaya seni dan kebudayaan daerah untuk selalu dilestarikan dan dijaga. Salah satunya dengan festival budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus setiap tahun.

Dengan festival itu, lanjut politikus dari partai berlambang pohon beringin itu meyakini selain bertujuan menumbuhkan kecintaan kepada budaya sendiri, diharapkan juga bisa menjadi salah satu ajang promosi kebudayaan di daerah ini.

“Karena di ajang festival-festival budaya itulah, maka semua kebudayaan yang dimiliki Barsel seperti tarian wadian dadas, balian bawo dan giring-giring bisa ditampilkan,” ungkapnya.

Wakil rakyat dari komisi III itu mengimbau, agar semua masyarakat dapat bersama-sama memajukan budaya daerah, karena menyangkut integral dari pembangunan nasional. [KaltengPos]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *