KABAR DPD

Legislator Golkar Kotabaru Dorong Kualitas SDM Dengan Gandeng ULM

Ketua DPRD Kotabaru Hj Alfisah (kiri) Wakil Ketua M Arief (tengah) dan Wakil Ketua H Mukhni AF (kanan). ((Antaranews.Kalsel/hms/ist/imm))

kabargolkar.com, KOTABARU – Legislatif Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menggandeng Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, melalui kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM dan diharapkan dilanjutkan hingga periode mendatang.

Wakil Ketua DPRD Kotabaru, H Mukhni AF, Selasa mengatakan dari evaluasi yang dilakukannya terhadap pelaksanaan SDM bekerjasama dengan ULM pada tiga tahun terakhir menunjukkan nilai positif.

“Evaluasi kami Bimtek yang dilaksanakan bersama ULM Banjarmasin, yang kali ini sudah berjalan tahun ke tiga cukup baik dan efektif,” kata Mukhni.

Pasalnya lanjut dia, pelaksanaan peningkatan SDM tersebut menghadirkan beberapa nara sumber yang berkompeten dan profesional, bukan hanya dari birokrat, pakar dan akademisi.

Menurut Mukhni, hampir keseluruhan nara sumber dan materi yang disajikan kepada para wakil rakyat Bumi Saijaan, sesuai dengan kebutuhan atas kebijakan-kebijakan daerah.

“Kesesuaian materi penyampaian dalam Bimtek, sangat berpengaruh bagi pengetahuan dan peningkatan kapasitas SDM para anggota dewan,” ungkap Mukhni.

Selain menjalin hubungan lebih erat dan maksimal dengan unsur sektor pendidikan di daerah, pelaksanaan Bimtek yang bekerjasama dengan ULM, karena dinilai lebih mengetahui segala permasalahan di daerah (Kabupaten Kotabaru).

Lebih lanjut politisi Partai Golkar ini menyebut, alasan lain pelaksanaan Bimtek di dalam provinsi adalah, sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku saat ini, yakni surat edaran kemendagri No160/3559/SJ tentang petunjuk teknis orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD kabupaten/ kota.

Dalam ketentuan tersebut dijelaskan bahwa universitas di daerah yang dalam hal ini ULM Banjarmasin menjadi lembaga yang mempunyai kompetensi melaksanakan Bimtek.

Dengan demikian, tujuan legislatif dalam mengoptimalkan peran akademi bagi pembangunan daerah (Kabupaten Kotabaru) akan lebih maksimal.

Di sisi lain, bagi ULM Banjarmasin, dengan pelaksanaan Bimtek bagi para wakil rakyat tersebut akan menjadi point tersendiri, baik sebagai lembaga pendidikan yang memiliki kapasitas dan komptensi.

“Dengan demikian, prinsip simbiosis mutualisme antara kedua pihak baik Legislatif dan ULM Banjarmasin bisa terwujud,” pungkas Mukhni. (antara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *