KABAR DPD Kabar Parlemen

Legislator Golkar Makassar Akui Kekurangan Komputer Jelang UNBK 2019

Anggota Komisi E DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel), Rusni Kasman menyatakan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) di Sulsel masih kekurangan jumlah komputer atau laptop jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbais Komputer (UNBK) yang akan dilakukan April 2019. [foto: KabarNews]

kabargolkar.com, MAKASSAR – Anggota Komisi E DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel), Rusni Kasman menyatakan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) di Sulsel masih kekurangan jumlah komputer atau laptop jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbais Komputer (UNBK) yang akan dilakukan April 2019.

Anggota Fraksi Golkar ini memberi contoh, di Kabupaten Bone misalnya, dari jumlah 40 SMA/SMK, baru 10 persen di antaranya yang memiliki komputer untuk pelaksanaan UNBK. Efeknya kata Rusni, orang tua siswa terbebani memfasilitasi anak-anaknya untuk UNBK.

“Satu sekolah itu minimal 150 sampai 300 siswa. Tapi komputer di setiap sekolah baru 20 unit. Bagaimana kita mau UNBK kalau begini? Kalau saya ke daerah, orang tua siswa mengeluh soal itu. Mungkin ada beberapa orang tua siswa yang bisa, tapi bagaimana yang lain,” ujar Rusmi Kasman di Gedung DPRD Provinsi Sulsel, jalan Urip Sumohaejo, Makassar, Senin, 11 Februari 2019.

Dia berpendapat, semestinya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, kata dia, bisa lebih memprioritaskan pembangunan dunia pendidikan ketimbang mendahulukan proyek infrastruktur yang menggunakan banyak anggaran.

“Kita bicara anggaran yang real-real sja dulu. Mau dikemanakan siswa SMA SMK ini saat ujian. Masa orang tua disuruh beli komputer. Maksud kita kebijakaan unbk itu disiapkan. Mereka ini masa depan bangsa,” sebut Legislator dari Dapil Kabupaten Bone ini.

Oleh karena itu, DPRD Sulsel yang menangani pendidikan, Rusni meminta Pemprov Sulsel dalam hal ini Dinas pendidikan bisa mencari solusi sebelum UNBK SMA/SMK dilaksanakan pada 1 April 2019.

“Solusinya mungkin dinas terkait bisa meminjam dulu komputer, jangan membebani orang tua siswa untuk UNBK,” tandas Rusni Kasman. [KabarNews]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *