KABAR DPD

Legislator Golkar Pulpis Ingatkan Investor Serap Tenaga Kerja Lokal

ilustrasi pekerja garmen (net)

kabargolkar.com – Anggota DPRD Pulang Pisau dari Partai Golkar, Suhardi mengimbau para investor atau pihak perusahaan besar swasta (PBS) yang sudah membuka usahanya di Pulang Pisau agar bisa mengakomodir tenaga kerja lokal setidaknya 80% dari jumlah pegawai. Hal tersebut menurut Suhardi sesuai dengan komitmen awal perusahaan yang siap ikut berkontribusi membangun daerah.

“Penyerapan tenaga kerja lokal oleh pihak swasta masih jadi perhatian kita. Sebab peran mereka menyerap tenaga lokal sangat signifikan mempengaruhi pengurangan pengangguran dan perputaran ekonomi daerah. Hal inipun sebenarnya sudah jadi kesepakatan semua pihak sejak lama, baik oleh pemkab maupun perusahaan itu sendiri,” tutur anggota Komisi I DPRD Pulpis ini.

Suhardi menilai, jika perusahaan besar Swasta (PBS) komit untuk hal itu. Mereka pun tidak terlalu repot untuk prakteknya, sebab tinggal berkoordinasi dengan dinas terkait. Semisal Dinas Tnaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang menurut Suhardi jelas-jelas punya data tenaga kerja lokal yang siap kerja. Kecuali ada tenaga tehnis yang peruntukannya khusus, dirinya mengaku itu tidak wajib harus dari lokal.

“Misalkan seperti tenaga yang punya kualifikasi dibidang keuangan. Perusahaan kan punya standar sendiri demi capai target mereka. Tentu kita tidak boleh intervensi harus di serap dari lokal, tapi tidak ada salahnya dilakukan tes dan sesuai. Paling tidak tenaga harian lepas ( HPL), pengawas, hingga manager bisa saja diberikan kesempatan untuk orang-orang lokal sesuai kemampuannya,” tutur Suhardi. (kanalkalimantan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *