KABAR GOLKAR

Lika Liku Politik TGB

Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi (foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

kabargolkar.com, JAKARTA – TGB bergabung ke Partai Golkar. Kabar ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Bertempat di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, pada Kamis (20/12/2018). Airlangga mengumumkan bergabungnya sosok yang juga tokoh ulama NTB ini menjadi bagian dari partai berlambang beringin. Para peserta, termasuk kader, simpatisan serta tokoh Golkar yang hadir pada acara silaturahmi akhir tahun Keluarga Besar Partai Golkar ini pun langsung memberikan apresiasi.

Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, Lc., M.A. atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) adalah putra kelahiran Nusa Tenggara Barat (NTB). Tepatnya di Pancor, Selong, Lombok Timur, pada 31 Mei 1972. Putra kebanggaan Nusa Tenggara Barat ini menjabat Gubernur NTB  selama 2 periode, yaitu 2008-2013 dan 2013-2018.

Sebelum akhirnya bergabung dengan Partai Golkar, ternyata TGB pernah menjadi anggota partai lain. Berikut sekelumit perjalanan politik beliau.

Awalnya bergabung di PBB

Perjalanan politik TGB pertama kali diawali dengan bergabung bersama Partai Bulan Bintang (PBB) pada 1999. Bersama partai berlambang bulan dan bintang ini, dirinya mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilihan Umum 2004. TGB menjadi caleg PBB pada Daerah Pemilihan (Dapil) NTB 1. Dirinya berhasil masuk parlemen, dan menjadi anggota DPR-RI untuk masa jabatan 2004-2009.

TGB (net/kabargolkar.com)

Pada masa itu, PBB berhasil meraih 11 kursi, dan kemudian di DPR RI bergabung dalam Fraksi Bintang Pelopor Demokrasi yang merupakan gabungan beberapa partai (Partai Bulan Bintang, Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan, Partai Pelopor , Partai Penegak Demokrasi Indonesia, Partai Nasional Indonesia Marhaen). Di DPR RI, dirinya berada di Komisi X yang membawahi bidang masalah pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, kesenian dan kebudayaan.

 

selanjutnya: Maju sebagai Gubernur NTB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *