KABAR DPD

Makmur HAPK Kantongi SK DPP Golkar Jadi Ketua DPRD Kaltim

Makmur HAPK (IDN Times/Yuda Almerio)

kabargolkar.com, SAMARINDA –¬†Parlemen Karang Paci–sebutan DPRD Kaltim– akhirnya berganti ketua. Mantan Bupati Berau dua periode, 2005-2015 Makmur HAPK, ditunjuk sebagai ketua DPRD Kaltim lewat pleno DPP Partai Golkar 6 September lalu. Sebelum duduk sebagai ketua DPRD Kaltim, Makmur lebih dulu duduk sebagai ketua sementara sejak 2 September.

Sebenarnya, selain Makmur ada pula sejumlah nama yang turut dalam kontestasi posisi ketua DPRD Kaltim, mereka adalah M. Syahrun, Mahyunadi, Sarkowi V. Zahry dan Andi Harahap. Kelimanya ini diusulkan DPD Golkar Kaltim pada awal Agustus lalu.

1. Peraih suara terbanyak dari 54 legislator di Karang Paci

Terpilihnya Makmur sebagai ketua bukan tanpa alasan, selain mantan bupati dua periode, dia juga menjabat sebagai ketua Harian DPD Partai Golkar Kaltim, Makmur juga merupakan kader senior. Pada pemilihan legislatif tahun ini, dia mendapat 38.211 suara. Paling banyak dibanding 54 anggota parlemen terpilih di Karang Paci.

“Alhamdulillah, saya sudah terima surat keputusan resminya (penunjukkan sebagai ketua DPRD Kaltim). Nanti disampaikan dalam paripurna sesuai perintah UU No 24 Tahun 2014 tentang Pemda,” terangnya saat dikonfirmasi, Rabu (11/9).

2. Tinggal PDIP yang belum mengajukan wakil pimpinan

Setelah duduk sebagai ketua, tuturnya, tugas selanjutnya adalah membuat surat kepada gubernur dan menteri dalam negeri. Isinya kurang lebih berkaitan dengan penetapan ketua DPRD definitif.

Tak hanya itu, saat ini pihaknya masih menunggu pembentukan tata tertib lewat kelompok kerja (pokja) yang sudah dibentuk. Saat ini sejumlah partai sudah mengusulkan figur yang bakal duduk sebagai unsur pimpinan. Dari Gerindra ada Andi Harun sedangkan PAN diwakili Sigit Wibowo.

“Tinggal menunggu PDIP saja, setelah masuk (nama wakil ketua DPRD), Jumat kami paripurnakan. Sudah disampaikan ke sekretaris dewan juga,” terangnya.

Makmur tak menampik, dalam prosesnya dia memerlukan bantuan dari kawan-kawan yang sudah lama duduk di parlemen Kaltim. Namun lebih penting dari semua itu adalah mempertahankan kesatuan antar legislator.

“Sebagai ketua dewan, kekuatan itu dengan teman-teman anggota dewan,” sebutnya.

3. Hak DPP Golkar memilih Makmur sebagai ketua

Terpisah, Sekretaris Golkar Kaltim, Abdul Kadir mengaku sudah menerima surat keputusan penunjukan tersebut Selasa (10/9) lalu, dengan demikian Makmur telah sah terpilih menjadi ketua DPRD Kaltim. “Jadi sekarang sudah definitif dan sudah diteruskan hari ini ke DPRD Kaltim untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Meski demikian, Kadir tak bisa menjelaskan mengenai alasan di balik pemilihan Makmur sebagai ketua definitif parlemen Kaltim. “Itu hak DPP, kami hanya mengusulkan sesuai dengan latar belakang kandidat. Sebab itu, DPP lah yang mempunyai kesimpulan bahwa Pak Makmur laik menjadi ketua,” pungkasnya. (idntimes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *