KABAR KADER Kabar Parlemen

Maman Abdurrahman Hadiri Peresmian Kawasan Adat Terpencil di Landak

foto: ist

kabargolkar.com, LANDAK – Legislator DPR RI anggota Fraksi Partai Golkar dari Dapil Kalbar, Maman Abdurrahman tampak mendampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di Kalbar. Acara kementerian Sosial tersebut terselenggara dalam rangka meresmikan Sarana Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Lokasi Komunitas Adat Terpencil Bolokng Dusun Belangiran, Desa Kumpang Tengah, Kec. Sebangki, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (15/11).

“Pembangunan sarana KAT ini merupakan bagian dari Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” terang Menteri saat menyampaikan arahannya dalam acara Peresmian Pembangunan Sarana dan Prasarana KAT itu.

Pemberdayaan KAT merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 186 Tahun 2014 tentang Pemberdayaan Sosial terhadap KAT. Dalam pasal 9 disebutkan pemberdayaan dilaksanakan dalam bidang permukiman, administrasi kependudukan, kehidupan beragama, kesehatan, pendidikan, ketahanan pangan, penyediaan akses kesempatan kerja, penyediaan akses lahan, advokasi dan bantuan hukum, pelayanan sosial dan/atau lingkungan hidup.

Dengan upaya pembangunan sarana dan prasarana bagi warga KAT ini, kata Mensos, diharapkan warga KAT semakin terbuka aksesnya terhadap pelayanan sosial sehingga dapat mencapai kehidupan yang setara dan sejahtera sebagaimana warga lainnya.

Momen acara tersebut juga dibagikan oleh Maman Abdurrahman melalui akun media sosial instagram, @maman_borneo. Maman mengungkapkan kehadirannya disitu juga bertemu dengan KArolin Margret Natasha, Bupati Landak saat ini. Dirinya menuturkan, walau sempat berbeda pandangan secara politik, tapi yakin bersma Karolin memiliki semangat yang sama untuk memajukan Kalbar.

“Bersama dengan Mensos hari ini meresmikan Kawasan Adat Terpencil di Desa Kumpang Tengah, Kab Landak.
Hadir juga sahabat saya Karolin, Bupati Landak. Kami pernah berbeda secara politik namun Insya Allah kita tidak pernah berbeda untuk urusan berbuat yang terbaik buat Kalbar,” ujar Maman Abdurrahman. (tim liputan)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *