KABAR NASIONAL

Marak Temuan Pungli di Sekolah, Golkar Minta Penjelasan Kemendikbud

Ilustrasi pungli (Medcom.id/Mohammad Rizal)

kabargolkar.com – Terungkapnya temuan adanya pungutan liar (pungli) yang diduga dilakukan sejumlah sekolah negeri di Jakarta, Solok (Sumatera Barat), dan Jember (Jawa Timur), mendapatkan reaksi keras dari Partai Golkar.

Bambang Soesatyo pada Jumat (14/9/2018) mengungkapkan bahwa dirinya mendorong Komisi X DPR meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menjelaskan kebenaran adanya pungli di sejumlah sekolah negeri baik di Jakarta, Solok, dan Jember.

Politisi Partai Golkar ini juga ingin penyelidikan oleh pihak berwajib terkaait pungutan liar ini, melalui Komisi III DPR dan Komisi X DPR. “Meminta Kepolisian dan Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan untuk menyelidiki dan mengungkap praktik-praktik pungli yang selama ini terjadi, serta menindak tegas oknum-oknum yang terbukti melakukan pungli berdasarkan investigasi Kemendikbud dan Dinas Pendidikan di daerah,” demikian tegas Bamsoet, panggilan akrabnya.

Ketua DPR RI ini juga mendorong Komisi X DPR meminta Kemendikbud dan Dinas Pendidikan di daerah untuk mengevaluasi seluruh pegawai baik dari sisi kinerja maupun dari sisi kedisiplinan. Bamseot juga meminta semua pihak ikut terlibat menyelesaikan masalah ini.

“Mengimbau masyarakat untuk berperan aktif dalam memberikan informasi jika terjadi tindakan pungli di sekolah-sekolah dengan cara melaporkan ke aparat keamanan apabila adanya praktik pungli di sekolah,” demikian pungkas Bamsoet. (tim liputan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *