KABAR NASIONAL

Mensos Agus Gumiwang: Negara Berkomitmen Keberpihakan Terhadap Disabilitas Netra

Agus Gumiwang. (jurnalparlemen)

kabargolkar.com, CIMAHI –¬†Menteri Sosial Agus Gumiwang menyatakan bahwa negara berkomitmen meneguhkan keberpihakan kepada disabilitas Netra.

“Dukungan terhadap penyandang disabilitas merupakan bagian dari tujuan pembangunan nasional yakni penciptaan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat,”ungkap Menteri Sosial Iwan Guniwang menjawab pertanyaan RRI di Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso, Leuwigajah Kota Cimahi Jawa Barat, Rabu (28/11/2018).

Menurut Menteri, keberpihakan dapat direalisasikan melalui penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

“Ini kan membuktikan kehadiran negara sesuai dalam amanah dari UUD 1945 pemerintah ditugaskan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sampai diperintahkan untuk melaksanakan pembangunan kesejahteraan sosial. Nah ini salah satu bentuk Kehadiran dari negara melalui pemerintah, ujarnya.

Mensos mengatakan,BLBI Abiyoso merupakan satu-satunya pusat pengembangan dan pengkajian literasi braille atau laboratorium untuk mengembangkan literasi braille.

“Yang mereka cetak disini bermacam-macam, ada buku-buku, Al Qur’an, Kitab, ada Injil dsb. Hasil-hasil yang mereka produksi disini sepenuhnya dikirim kepad kementrian-kementrian seperti Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan secara cuma-cuma, karena anggaran yang ada di BLBI Abiyoso sudah masuk anggaran yang ada di Kementrian Sosial,” jelasnya.

Buat BLBI sebut Mensos, itu merupakan sebuah tantangan dalam mendapat kepercayaan yang begitu besar dari pemerintah.

“Harapan saya BLBI Abiyosoya yang sudah berusia 57 tahun akan bisa menjawab tantangan yang semakin lama semakin berat dan semakin rumit,”imbuhnya.

Menyinggung masalah anggaran untuk BLBI, Menteri Agus Gumiwang menjelaskan, BLBI Abiyoso mendapat anggaran sebesar 12 milyar rupiah setiap tahun.

Dalam kunjungannya, Menteri Agus Gumiwang yang didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto dan anggota Komisi VIII DPR-RI Ace Hasan dari fraksi Golkar, melakukan dialog dengan para editor Braille yang juga merupakan penyandang disabilitas Netra, kemudian melihat percetakan braille, guna melihat langsung cara-cara pencetakan buku braille.

Kepala BLBI Abiyoso Dani Widarman mengatakan, kegiatan Hut ke-57 BLBI Abiyoso tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya donor darah, khitanan massal, pengobatan gratis, pameran dan bazaar, serta pemeriksaan mata gratis. (rri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *