KABAR NASIONAL Kabar Parlemen

Motor Boleh Lewat Tol, Ini Penjelasan Ketua DPR

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo pada penyelenggaran Pesta Rakyat Bikers Jakarta, Minggu (27/1). [foto: istimewa]

kabargolkar.com, JAKARTA – Meski aturan soal kendaraan bermotor roda dua boleh masuk jalan tol sudah ada, namun kenyataan yang ada di DKI Jakarta berbeda. Pengguna sepeda motor hingga kini tidak diperbolehkan memanfaatkan jalur bebas hambatan tersebut.

Hal itu dianggap tidak adil oleh Ketua DPR, Bambang Soesatyo. Sebagai sesama pembayar pajak, ia menganggap bahwa seharusnya sepeda motor diperbolehkan menikmati fasilitas yang diberikan oleh negara dalam bentuk infrastruktur itu.

“Kalau roda empat punya kenikmatan bebas hambatan, kenapa pemilik roda dua tidak oleh menikmati? Kan uangnya sama-sama dipakai (untuk membangun jalan), bayar pajak yang sama,” ujarnya usai menghadiri acara Pesta Rakyat Bikers Jakarta di Gedung DPR, Minggu (27/1).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia itu menjelaskan, sejatinya tidak ada kendala untuk menerapkan hal tersebut. Sebab, sudah ada dua ruas jalan tol di wilayah lain yang bisa dilintasi sepeda motor.

“Saya minta pemerintah memikirkan. Bali saja di tol sudah ada jalur khusus motor. Suramadu jalan tolnya sudah ada khusus motor. Ini tinggal keinginan pemerintah saja, terutama Kementerian Perhubungan, untuk mengatur adanya satu ruas 2,5 meter khusus untuk motor,” tuturnya. [VIVA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *