KABAR NASIONAL

Muluskan Bamsoet Jadi Ketua MPR, Golkar Gencarkan Lobi

kabargolkar.com, JAKARTA –¬†Partai Golkar melalui fraksinya di DPR telah memutuskan dua nama yang akan duduk di pos strategis. Dua nama itu, yakni Aziz Syamsuddin yang baru saja dilantik sebagai Wakil Ketua DPR dan Bambang Soesatyo menjadi pimpinan MPR.

Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily mengatakan hal itu sudah disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

“Dan menugaskan kepada Pak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR dari Partai Golkar,” kata Ace di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019. Ace mengatakan, keputusan Partai Golkar diambil pada hari ini dalam rapat internal partai.

Partai Beringin, kata Ace, mengutus Zainudin Amali untuk melobi fraksi-fraksi lain agar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo bisa menjadi Ketua MPR.

“Kita berharap bahwa upaya untuk Golkar mendapatkan alokasi kursi Ketua MPR itu bisa dilobi, didapat secara musyawarah mufakat,” kata Ace.

Di kesempatan yang sama, Anggota MPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Basarah menuturkan bahwa partainya menginginkan adanya musyawarah mufakat dalam penentuan nama Ketua MPR.

Sebagai bekas mantan Wakil Ketua MPR di periode sebelumnya, Basarah pun, menyerahkan keputusan jabatan yang dulu dia pegang kepada Megawati Soekarnoputri, selaku Ketua Umum PDI Perjuangan.

PDIP sendiri yang sudah mendapat kursi Ketua DPR, menganggap posisi Ketua MPR bakal menjadi hak partai lain dan diharap ditentukan berdasarkan mufakat bersama.

“Bagi PDIP tidak punya cukup alasan politik untuk melakukan pemilihan pimpinan MPR secara voting,” kata dia.

Rencananya, Ketua MPR akan ditetapkan pada Rabu besok, 2 Oktober 2019. Selain posisi ketua, ada sembilan Wakil Ketua MPR yang akan ditetapkan. (vivanews)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *