KARYA KEKARYAAN

Nusron Wahid Dorong Penguatan Edukasi dan Advokasi bagi TKI

Kabargolkar.com, Jakarta – Jika melihat perbandingan para pekerja Asing ( TKA ) yang bekerja berbagai sektor industri, manufaktur, ataupun yang sedang menjadi pekerja kasar pada proyek proyek infrakstruktur di Tanah Air sangat sedikit sekali perbandingannya jika disandingkan dengan keberadaan jumlah Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) di berbagai negara lain di dunia.

Dalam pandangannya, Nusron Wahid mengatakan keberadaan TKI di luar negeri cukup banyak. “Saya kurang tahu persis jumlah atau persentasi perbandingan TKI Kita yang bekerja di luar negeri dangan keberadaan TKA yang bekerja berbagai sektor Industri dalam negeri.” Ungkap Ketua BNP2TKI dalam Diskusi Nasional Soksi di DPP Partai Golkar,Jakarta Barat. Senin ( 7/5/2018).

“Keharusan dari kita seharusnya bisa untuk mengurangi jumlah TKI yang semakin banyak jumlahnya di luar negeri saat ini,” sambung politisi dan Ketua pemenangan Jawa dan Kalimantan DPP Partai Golkar tersebut. “Jangan bicarakan mengenai apa itu revolusi industri 4.0, yang kita butuhkan saat ini adalah memberikan edukasi bagi mereka calon calon pekerja Indonesia yang akan berangkat serta Advokasi kepada para TKI yang sedang mendapatkan persoalan persoalan di tempatanya berkerja luar negeri sana”, jelas mantan katua GP Anshar itu.

Berbagai permasalahan pelik yang muncul dari ketimpangan dan kekurangan edukasi kalangan pekerja di Indonesia, adalah penting untuk dipecahkan oleh pemerintah. Hal ini menjadi tema yang menggelora, dan disuarakan oleh SOKSI, melalui acara seminar dan diskusi yang diadakan oleh Depinas SOKSI. Acara kali ini diselenggarakan dalam kaitan peringatan hari Buruh 2018. [bambang]

 

reporter: Sumarsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *