Kabar Parlemen

Optimalkan Pelayanan Publik, Fraksi Golkar DPRD Bekasi Dorong Pemekaran Kelurahan

Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Bekasi, Uri Huryati. (Foto: rmoljabar)

kabargolkar.com, BEKASI – Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Bekasi mendorong agar adanya pemekaran kelurahan di Kota Bekasi. Pasalnya, pelayanan publik di daerah yang padat penduduk belum berjalan optimal.
Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Bekasi, Uri Huryati kepada RMOLJabar, Selasa (23/9).

“Saya mengusulkan dari 56 kelurahan menjadi sekitar 60-an kelurahan. Salah satunya di kelurahan saya, Kelurahan Bojong Rawa Lumbu karena sudah 41 RW kalau yang lainkan paling hanya 20-an RW. Mungkin ada kelurahan lain, saya melihatnya yang dirugikan pelayanan publik disana. Sementara pelayanan disitu sama dengan kelurahan lain yang lebih sedikit,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, ada berbagai alasan pemekaran wilayah salah satunya sebagai bentuk pembangunan daerah dalam Rencana Pembangunan. juga sebagai solusi yang tepat untuk menangani pelayanan zonasi infrastruktur di Kota Bekasi dan lainnya.

“Tinggal nanti dilihat saja wilayah mana yang bisa dan layak dimekarkan berdasarkan kajian dari luas wilayah, jumlah penduduk, potensi sumber daya alam dan potensi PAD, pelayanan pemerintahan, infrastruktur, dan pelayanan publik,” tegasnya.

Ia menyatakan, dirinya sepakat dengan wacana pemekaran asalkan sudah dibicarakan dengan camat, lurah, dan sejumlah instansi lainnya. Sehingga ini menjadi keputusan bersama.

Hanya, ia mengingatkan bila pemekaran kelurahan jadi dilakukan, hendaknya pemerintah tidak melupakan sisi sejarah dari wilayah tersebut.

“Karena ada beberapa kelurahan yang berada di daerah kita ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi,” ungkapnya.

“Setelah agenda awal DPRD selesai, saya akan melakukan komunikasi dengan instansi tekhnis terkait untuk membicarakan persoalan ini,” tutupnya. (rmol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *