KABAR NASIONAL

Partai Keadilan Rakyat Malaysia: Kami Perlu Belajar dari Golkar

(kanan ke kiri): Ketua DPP Partai Golkar Ricky Rachmadi, Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar HR Agung Laksono, Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna, Malaysia Saifudin Nasution Bin Ismail, anggota Dewan Pakar DPP Partai Golkar Yasril Ananta Baharudin, dan Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Rene F. Manembu. (suarakarya.co.id/Istimewa)

kabargolkar.com – Koalisi Pakatan Harapan (PH) Malaysia akan mendorong peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia dalam berbagai bidang, terutama politik dan perdagangan.

Hubungan erat antarkedua negara, baik masyarakat (people to people), para pebisnis (business to business) maupun pemerintah (government to government), akan sangat strategis dalam kerangka penguatan ASEAN.

“Indonesia merupakan mitra kerja yang strategis, terutama di kawasan ASEAN,” kata Sekjen Koalisi PH Saifuddin Nasution dalam pertemuan dengan delegasi Partai Golkar yang dipimpin Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar HR Agung Laksono di Kuala Lumpur, Kamis (20/9).

Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar HR Agung Laksono berbincang dengan Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna, Malaysia Saifudin Nasution Bin Ismail di Malaysia, Kamis (20/9). (suarakarya.co.id/Istimewa)

Pertemuan itu merupakan agenda terakhir dari muhibah Partai Golkar di Malaysia, setelah pada hari sebelumnya delegasi Golkar bertemu dengan calon Perdana Menteri baru Malaysia, Dato’ Seri Anwar Ibrahim.

Menurut Saifuddin, yang juga Sekjen Partai Keadilan Rakyat (PKR), salah satu anggota Koalisi PH, Partai Golkar merupakan partai yang sangat berpengalaman. Kader-kadernya berpengalaman, baik di dalam pemerintahan dan berpengalaman dalam dinamika perpolitikan di Indonesia.

“Dengan usia Golkar yang lebih dari setengah abad, di mana, PKR yang baru berdiri 20 tahun ini, maka kami perlu banyak belajar dari Golkar dan berbagi pengalaman,” ujar Saifuddin yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Penguna (Minister of Domestic Trade and Consumer Affair) Malaysia.

Secara khusus, Saifuddin Nasution berharap, kerjasama perdagangan antara Indonesia dan Malaysia ke depan ini lebih berkembang.

Sementara itu, Agung yang juga Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 menyambut baik pandangan yang diungkapkan Saifudin. “Ya, kami menyambut baik dan juga mendorong untuk peningkatan hubungan baik Indonesia dengan Malaysia. Golkar sejak lama menjalin kerja sama yang baik dengan partai-partai di negara-negara sahabat. Kita akan mendorong agar kerja sama terjalin lebih erat lagi antarelemen masyarakat kedua negara, dan juga antarpara pebisnisnya,” kata Agung.

Ketua DPP Partai Golkar Ricky Rachmadi bersalaman dengan Menteri Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna, Malaysia Saifudin Nasution Bin Ismail. (suarakarya.co.id/Istimewa)

Dia menjelaskan, organisasi yang dipimpinnya juga memiliki organisasi pengusaha, yakni Himpunan Pengusaha Kosgoro 1957 (HPK).

Setelah muhibah ini, diharapkan dapat segera dilakukan pertemuan-pertemuan berikutnya sebagai tindaklanjut dari rencana-rencana yang telah dibicarakan.

Turut serta dalam muhibah Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar HR Agung Laksono di Malaysia itu, Ketua DPP Partai Golkar Ricky Rachmadi, Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Rene F. Manembu, dan anggota Dewan Pakar DPP Partai Golkar Yasril Ananta Baharudin.

sumber berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *