KABAR NASIONAL

Pasca Debat Capres Perdana, Tiap Kandidat Dapat Penilaian Beragam

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam dan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam debat perdana capres-cawapres Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, (17/1). (CNN Indonesia/Safir Makki)

kabargolkar.com, JAKARTA – Debat Capres perdana telah dilalui bersama pada Kamis (17/1/2019) lalu. Kedua pasangan telah memberikan penampilan dengan penilaian beragam dari masyarakat. Debat kali ini mengangkat berbagai isu terkait korupsi, hukum, HAM, dan terorisme.

Penampilan tiap-tiap kandidat memancing reaksi. Ada yang kecewa, puas, bahkan ada yang mengkritik dari pengamat. Berikut adalah beberapa penilaian masing-masing kandidat berdasarkan pantauan kabargolkar.com (18/1/2019).

Jokowi santai di awal, emosi di akhir

Pada permulaan debat, Jokowi terlihat lebih santai dan menguasai podium. Momen tersebut muncul ketika dirinya berhasil menyindir Prabowo terkait kasus dugaan penyebaran hoaks Ratna Sarumpaet. Sebagai informasi, Ratna merupakan mantan tim kampanye Prabowo sebelum mengundurkan diri akibat kasus hoaks tersebut.

Sayangnya, di akhir debat saat memberikan penutup, Jokowi terlihat memaksakan diri untuk tegas. Tapi hal tersebut malah membuatnya terlihat emosional. Padahal, Jokowi yang dikenal masyarakat adalah Jokowi yang berpembawaan tenang dan lembut.

Heningnya Maruf Amin

Ma’ruf Amin menjadi sorotan karena paling irit berbicara dalam perdebatan tersebut. Jokowi pun terlihat lebih banyak beraksi memberikan jawaban yang diajukan moderator. Padahal dari sisi pengalaman, Ma’ruf Amin juga telah banyak berkecimpung dalam bidang pemerintahan. Strategi pasif Ma’ruf Amin bisa saja diubah pada debat berikutnya, agar terlihat lebih menonjol. Walau bagaimanapun, publik ingin melihat pembagian peran kepada Ma’ruf Amin menjadi lebih besar agar terlihat Jokowi-Ma’ruf Amin mampu berbagi tugas.

Yang mungkin menjadi perhatian adalah manajemen pembagian waktu Ma’ruf Amin. Fokus cawapres 01 dalam menjawab pertanyaan dalam waktu yang disediakan terlihat kurang prima dalam debat perdana ini.

Prabowo santai tapi tidak fokus

Pembawaan Prabowo dalam debat pertama ini terlihat santai. Momen tersebut terlihat ketika dirinya ingin menanggapi sindiran Jokowi terkait kasus dugaan hoaks Ratna Sarumpaet. Tapi karena memang tidak ada waktu, moderator tidak memperbolehkannya menganggapi sindiran tersebut. Reaksi Prabowo dengan sedikit berjoget dan kemudian dipijit Sandiaga Uno memperlihatkan  suasana santai pasangan tersebut.

Prabowo terlihat tidak siap saat memasuki sesi tanya jawab antar pasangan calon. Pertanyaan yang diajukan Prabowo terkesan baru dipikirkan saat sesi debat berlangsung.  Jawaban Prabowo pun terlihat reaktif dan kontradiktif. Contohnya, Prabowo berkeinginan memberdayakan pengusaha kecil. Hal tersebut bertentangan dengan niatnya menaikkan rasio pajak.

Sandiaga Uno paling kalem walau sempat grogi

Penampilan Sandiaga terlihat melengkapi Prabowo. Berbeda dengan cawapres Ma’ruf Amin yang pasif, Sandiaga justru mampu memperlihatkan kematangannya dalam menjawab pertanyaan dan melengkapi Prabowo.

Walaupun terlihat paling kalem dan siap, tapi Sandiaga Uno juga sempat terlihat grogi pada debat tersebut. Momen  tersebut muncul ketika Sandiaga tergugup berbicara terkait kepastian hukum. Pada saat ini dirinya  mengajukan pertanyaan pada Jokowi mengenai apa yang akan dia lakukan seandainya terpilih lagi jadi presiden selama lima tahun ke depan. (kabargolkar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *