KABAR DPD Kabar Parlemen

Pemerintah Bakal Salurkan Dana Kelurahan, Begini Kata Legislator Golkar Kotim

Politisi Partai Golkar yang juga Wakil Ketua DPRD Kotim, Supriadi MT. meminta pihak kelurahan dapat menggunakan dana kelurahan yang dianggarkan pemerintah pusat untuk kepentingan masyarakat. [foto: dok. Borneonews]

kabargolkar.com, SAMPIT– Pemerintah pusat akan menggelontorkan dana kelurahan dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di setiap kelurahan di Kabupaten Kotawaringin Timur. Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kotim H Supriadi MT.

“Tahun ini pemerintah pusat memberikan dana untuk kelurahan yang dialokasikan dari Dana Alokasi Umum (DAU). Kami meminta pihak kelurahan dapat menggunakan dana itu untuk kepentingan masyarakat,” kata Supriadi saat dikonfirmasi, Minggu (27/1).

Menurut Supriadi, dianggarkannya dana untuk kelurahan merupakan upaya pemerintah daerah mempercepat pembangunan di daerah. Maka dari itu lurah dan aparaturnya harus mampu mengelola dana tersebut sebaik-baiknya sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakatnya.

“Kami berharap pihak kelurahan dapat mengelola dan memanfaatkan anggaran tersebut untuk pembangunan, jika tidak benar-benar dikelola bisa berurusan dengan hukum. Di mana dana kelurahan tersebut dianggarakan dengan tujuan untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Ketua DPD Partai Golkar Kotim ini juga mengatakan selama ini pemerintahan kelurahan hanya mendapatkan anggaran dari pemerintahan kecamatan, sehingga tidak memiliki anggaran sendiri. Hal ini sering dikeluhkan pihak kelurahan karena anggaran yang diterima merupakan anggaran sisa dari pemerintahan kecamatan.

“Selama ini pihak kelurahan sering mengeluh kekurangan anggaran, sehingga pembangunanya jauh tertinggal dari desa. Karena itulah pemerintah daerah memberikan anggaran kepada kelurahan. Pemberian anggaran tersebut juga merupakan intruksi dari pemerintah pusat,” tegasnya.

Supriadi juga menambahakan selain menerima dana tersebut, pihak kelurahan juga mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten Kotim, dengan alokasi anggaran melalui dukumen pelaksanaan anggaran (DPA) kecamatan. Jumlahnya sekitar Rp 9,984 miliar. Dana itu nantinya akan dibagi ke 17 kelurahan yang ada di Kotim.

“Selain dana dari pemerintah pusat kelurahan juga mendapat dana dari pemerintah daerah melalui dana DPA kecamatan dan jumlahnya cukup besar dan akan dibagikan di 17 Kecamatan yang ada di Kotim,” pungkasnya. [KaltengPos]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *