KABAR NASIONAL

Pendidikan Politik Generasi Muda Demi Demokrasi Berkualitas

pendidikan politik

ilustrasi (net)

kabargolkar.com Generasi muda adalah harapan. Generasi muda Indonesia menempati porsi yang cukup besar dalam struktur kependudukan Indonesia, yaitu 40%. Dengan demikian Generasi muda memegang peranan penting dalam membawa kemajuan bagi bangsa dan negara ini.

Waktu pencoblosan 17 April 2019 tersisa kurang dari 100 hari lagi. Penting bagi partai politik untuk memberikan edukasi kepada para calon pemilih, khususnya generasi muda tentang peranan politik bagi kehidupan di Indonesia.

Kunci keberhasilan Pemilu 2019 ada pada generasi muda. Semakin baik pengetahuan mereka tentang politik, akan semakin meningkatkan kualitas demokrasi negara ini. Pendidikan politik bagi generasi muda, khususnya bagi pemilih pemula perlu digalakkan guna meningkatkan kualitas demokrasi menjadi lebih baik.

Agen perubahan membawa pencerahan

Pendidikan politik ditambah dengan sosialisasi yang berisi wawasan kebangsaan, demokrasi, hingga pengenalan rekam jejak partai politik serta sosok para calon legislatif perlu dilakukan. Dengan mengenal dan mengetahui hal tersebut, maka akan menumbuhkan rasa dan sikap saling percaya pada generasi muda. Dengan demikian, agar proses penentuan pilihan masyarakat jangan mendasarkan pada berita pencitraan tetapi pada rekam jejak dan kompetensi.

“Kesadaran politik” bagi generasi muda perlu terus dipupuk. Dimulai dengan mengetahui serta memahami hak dan kewajiban politik mereka. Pengetahuan yang didapat dari pendidikan politik ini, dan ditambah dengan energi positif yang dibawa generasi muda adalah kombinasi unik. Kombinasi ini akan memberikan pencerahan di masyarakat.

Generasi muda adalah agen perubahan. Berbekal pemahaman soal pendidikan politik, generasi muda akan menyebarkan kembali informasi yang mereka dapat ke lingkungan sekitarnya. Mulai dari temannya, keluarganya, bahkan, mereka akan ikut menyebarkan pemahaman politik ini melalui media sosial yang mereka miliki. Jadi, semakin banyak generasi muda memiliki pemahaman dan informasi politik, akan tercipta “efek bola salju”. Yaitu penyebaran informasi politik secara cepat dan luas di masyarakat.

Golkar peduli pendidikan politik untuk generasi muda

Partai Golkar ikut mendidik generasi muda untuk makin melek politik. Tidak hanya itu, Golkar memberi ruang yang maksimal bagi mereka untuk mengekspresikan diri melalui jalur politik. Golkar juga mendorong generasi muda menjadi pemilih cerdas, berpikir kritis, rasional serta bertanggungjawab.

Partai Golkar membuka kesempatan bagi generasi muda untuk terlibat langsung dalam dunia politik. Dapat dikatakan, Partai berlambang beringin ini optimis dengan semakin banyaknya generasi muda yang semakin paham serta terlibat langsung dalam dunia politik. Generasi muda cenderung berpikir out-of-the-box, akan memberikan solusi cerdas dan kreatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan negara ini. Pemilu 2019 adalah salah satu tonggak sejarah untuk mengubah nasib bangsa Indonesia. Harapan terletak di pundak generasi muda. (kabargolkar)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *