KABAR NASIONAL

Penemuan 2800 e-KTP Tercecer, Golkar Minta Jadi Perhatian Serius

ilustrasi (net)

kabargolkar.com –¬†Terkait ditemukannya 2.800 KTP elektronik (e-KTP) yang tercecer di semak belukar dan juga terdapat di dalam sebuah kardus, oleh warga Cikande, Kabupaten Serang, Banten (11/9), Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta hal ini menjadi perhatian serius.

Berdasarkan rilis yang diterima kabargolkar.com, politisi Partai Golkar ini mendorong Komisi II DPR meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meminta penjelasan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang mengenai penyebab tercecernya e-KTP tersebut serta untuk segera memusnahkannya.

Bamsoet juga mendorong Komisi II DPR dan Komisi III DPR meminta Kemendagri dan Kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian tersebut serta menindak tegas oknum yang terbukti lalai, mengingat e-KTP rentan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Lebih jauh, Bamsoet menekankan agar hal tersebut tidak terulang kembali. “Mendorong Komisi II DPR meminta Kemendagri untuk menginstruksikan kepada Disdukcapil agar memusnahkan, menggunting dan memotong e-KTP yang rusak ataupun tidak terpakai, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali, demikian Bamsoet memberikan penjelasannya.

Ketua DPR RI ini juga meminta Komisi II DPR agar berkomunikasi dengan Kemendagri untuk memastikan fasilitas perekaman data kependudukan lainnya yang berada di Disdukcapil seperti alat perekam dan tinta untuk mencetak e-KTP di setiap daerah di Indonesia, tersedia dan dapat berfungsi dengan baik, guna meminimalisir adanya kerusakan yang terjadi pada saat perekaman ataupun pencetakan e-KTP. (tim liputan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *