KABAR GOLKAR KABAR KADER KABAR NASIONAL

Pengamat Yakini Kader Millenial Raup Banyak Suara, Begini Penjelasannya

Pohon beringin, lambang Partai Golkar yang bermakna rimbun dan kokoh. [foto: istimewa]

Kabargolkar.com, SURABAYA – Kian maraknya generasi penerus bangsa atau millenial di sejumlah lini, rupanya menjadi suntikan untuk menciptakan gagasan dan konsep baru dan matang, mengingat pemuda memunyai prospek dan masa depan yang jelas.

Seperti halnya yang dilakukan para generasi millenial di Partai Golkar yang bermunculan dan melahirkan banyak ide cemerlang. Sebut saja Lindsey Afsari Puteri (Jakarta), Rucita Permatasari dan Ahmad Irawan (Malang), Adi Wibowo (Probolinggo), Arif Fathoni (Surabaya), Stania Angkouw (Batam), Tati Noviati (Cirebon-Indramayu), Tania Laena (Jawa Barat), dan masih banyak lagi sederet nama generasi millenial yang akan turut andil dalam pesta demokrasi 2019.

Menanggapi deretan caleg muda dari Partai Golkar tersebut, peneliti senior dari Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menyatakan, dengan mengoptimalkan peran para kader millenialnya diyakini Partai Golkar akan menjadi partai terkuat di Indonesia.

“Golkar masih punya peluang untuk meraih ceruk suara muda mudi di wilayah periferi urban rural. Pemilih ini biasanya kritis tetapi cenderung realistis masih mendengar pilihan orangtua dan sesepuhnya,” ujar Rokim seperti dilansir beritajatim, Minggu (16/12).

Para millenial itu, sambung Rokim, memiliki kekuatan di wilayah perkotaan dan pedesaan. Dia menganalisa, para pemilih partai berlambang pohon beringin ini memiliki karakteristik pemilih yang unik.

“Mereka (pemilih) itu cenderung rasional, tetapi masih mendengar petuah orang tua. Dengan kata lain, para pemilih mempertimbangkan hal yang masuk akal tetapi masih juga mendengar petuah orang sepuh. Mereka bukan tipikal pemilih anut grubyuk tapi masih mendengar suara orang tuanya,” tambah Rokim.

Di sisi lain, bagi Rokim, partai yang dipimpin oleh Airlangga Hartanto ini juga mampu mengamankan swing voters.

“Golkar harus diakui memiliki pengalaman panjang dan bisa mengandalkan kekuatan struktur partai serta kekuatan para Caleg,” kata Rokim.

Bukan hanya itu, menurut Rokim, Partai Golkar akan mampu meraih ceruk swing voters yang diprediksi akan cukup tinggi. Terlebih lagi para Generasi X yang mendambakan stabilitas.

“Golkar bisa meraih swing voters dari pemilih Generasi X jika narasi yang dikembangkan terkait dengan kestabilan bisa diterjemahkan dengan baik,” tutup Rokim. [beritajatim]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *