KABAR NASIONAL

Petaka Kematian Mallaby, Masih Jadi Misteri Hingga Kini

 

Tewasnya Mallaby

Konflik bersenjata antara pasukan Inggris dan pejuang di Surabaya pun tidak terelakkan. Pada 30 Oktober 1945 di dekat Jembatan Merah, Surabaya Brigjen Mallaby dan pasukannya melintas, dan disaat yang sama, para pejuang Indonesia pun hendak melintasi jembatan tersebut. Terjadilah pertempuran sengit, mobil Buick yang ditumpangi Mallaby dicegat oleh para pejuang Indonesia.

foto: net

Menurut salah satu versi, Mallaby tewas oleh tembakan pistol seorang pemuda Indonesia yang sampai sekarang tidak diketahui identitasnya, dan terbakarnya mobil Mallaby akibat ledakan sebuah granat yang menyebabkan jenazah Mallaby sulit dikenali. Mallaby tewas pada 30 Oktober 1945 pukul 20.30 WIB.

Kematian Mallaby menyebabkan kemarahan Inggris. Mayor Jenderal EC Mansergh, pengganti Mallaby, mengeluarkan ultimatum pada 9 November 1945 kepada para pejuang di Surabaya untuk menyerahkan senjata tanpa syarat. Pada 10 November 1945, pecahlah Pertempuran 10 November karena pihak Indonesia tidak menghiraukan ultimatum ini.

Perdebatan di parlemen Inggris

Tom Driberg, anggota Parlemen Inggris dari Partai Buruh Inggris dalam perdebatan di Parlemen Inggris (House of Commons) pada 20 Februari 1946 membahas kematian Brigjen Mallaby. Tom meragukan tuduhan dan dugaan Inggris bahwa baku tembak ini dimulai oleh pasukan pihak Indonesia. Tom menolak anggapan bahwa Mallaby dibunuh secara licik.

Insiden tersebut, menurut Tom Driberg, adalah akibat dari kesalahpahaman 20 anggota pasukan India pimpinan Mallaby yang memulai baku tembak dengan pasukan pihak Indonesia.Pasukan tersebut tidak mengetahui bahwa gencatan senjata sedang berlaku akibat terputusnya kontak dan telekomunikasi.

Menurut Tom Driberg dalam debatnya di Parlemen Inggris: “Setelah memerintahkan penghentian baku tembak oleh pasukan India tersebut, dalam satu titik dalam diskusi gencatan senjata, Mallaby kembali memerintahkan untuk memulai tembakan kembali.”

“Hal ini berarti gencatan senjata telah pecah karena perintah Mallaby dan Mallaby tewas dalam aksi pertempuran, bukan dibunuh secara licik,” lanjut Driberg.

Keberhasilan menewaskan seorang jenderal yang memiliki jam terbang tinggi dan pengalaman memimpin pasukan berperang adalah sesuatu hal membanggakan bagi Indonesia,. Terbunuhnya Mallaby menimbulkan pertanyaan, tentang siapa atau apa dan bagaimana yang berhasil menewaskan Mallaby dan lantas meledakkan mobilnya.

 

selanjutnya: Misteri kematian Mallaby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *