KABAR NASIONAL

Pileg akan Terdampak Jika Hasil Pilpres Tak Diakui

Ketua DPR Bambang Soesatyo. (MI/Susanto)

kabargolkar.com, JAKARTA – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai hasil pemilihan legislatif (pileg) akan terdampak jika ada pihak yang tak mengakui hasil Pilpres 2019. Pileg dan pilpres merupakan satu paket dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019.

“Konsekuensinya kalau pemilu ini tidak diakui misalnya, maka itu akan berdampak juga pada hasil pemilihan legislatif,” kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.

Bamsoet menilai ada konsekuensi besar yang dipertaruhkan pihak yang tak menerima rekapitulasi pilpres. Padahal, para anggota legislatif dari partai politik pengusung dua pasangan calon sangat maksimal.

“Pertanyaannya adalah, apakah dengan demikian nanti harus diadakan pemilu ulang? Apakah caleg-caleg mereka, kita semua, yang sudah berdarah-darah kemarin ingin mengulang lagi?” ujarnya.

Bamsoet pun menyarankan seluruh pihak lebih dewasa dalam berpolitik. Jika memiliki bukti, tudingan kecurangan tersebut lebih baik dilaporkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jadi kalau hanya pembentukan opini, yang ada hanyalah menghasilkan kebisingan dan ketidaknyamanan masyarakat,” ucap politikus Golkar itu.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menegaskan menolak hasil penghitungan suara Pemilu 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Prabowo menilai telah terjadi kecurangan selama proses Pemilu, mulai dari masa kampanye hingga penghitungan suara yang masih berjalan. (medcom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *