KABAR NASIONAL

PKB Disebut Siap Dukung Bambang Soesatyo Jadi Ketua MPR

Bambang Soesatyo. (Foto: MI/Susanto)

kabargolkar.com, JAKARTA –¬†Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memutuskan mendukung eks Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam bursa Ketua MPR. Sikap PKB melengkapi dukungan partai koalisi Joko Widodo-Ma’ruf Amin terhadap terhadap jagoan dari Fraksi Golkar itu.

“PKB sudah punya kesepahaman, punya cara membangun kebersamaan. PKB sudah bulat (dukung Bamsoet),” kata Ketua Fraksi PKB di MPR Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2019.

Jazilul mengatakan PKB mendukung Bamsoet karena berada dalam satu koalisi bersama Partai Golkar. PKB tak ingin mengkhianati soliditas Koalisi Indonesia Kerja (KIK). “Tentu PKB membangun soliditas bersama dengan yang selama ini sudah ada,” kata calon pimpinan MPR dari PKB itu.

Selain Golkar, NasDem jadi partai yang paling awal mendukungan Bamsoet menjadi ketua MPR. PPP lalu mengumumkan dukungannya kepada Bamsoet sehari jelang paripurna kedua MPR pada Rabu, 2 Oktober 2019.

PDI Perjuangan mengumumkan dukungannya, kemarin malam. PAN juga secara terbuka mendukung Bamsoet. PKB melengkapi dukungan partai koalisi pemerintah terhadap Bamsoet.

Jagoan Partai Gerindra Ahmad Muzani jadi saingan Bamsoet dalam bursa pemilihan ketua MPR. Muzani baru mengantongi dukungan dari Gerindra.

Sejauh ini, hanya PKS dan DPD yang masih gamang. Mereka belum menentukan sikap dalam pemilihan ketua MPR. Jagoan dari DPD Fadel Muhammad juga menyatakan mengincar kursi ketua MPR. (medcom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *