OPINI

Political Engineering “GOLKAR BARU”

 

Ilustarasi Photo/Narative

Oleh: Ahmad Mahadi Nasution, SH

Kabargolkar.com – Melihat kondisi Partai Golkar dengan trend penurunan positif saat ini, Golkar berpeluang menjadi Partai Proto yang bercirikan perbedaan pandangan antar kelompok anggota internal (ins) dengan kelompok non anggota ((outs/Masyarakat). Lantas bagaimana bentuk yang ideal dengan Golkar saat ini ?. Bentuk ideal bagi Golkar saat ini harus menjadi _Partai Catch-All_ sebagai gabungan dari Partai Kader dan Partai Massa dimana Catch-All dapat menampung kelompok sosial sebanyak mungkin guna mencapai tujuan partai yaitu memenangkan pilihan dengan menawarkan program-program yang bersifat kekinian dan keuntungan bagi anggota dalam bentuk pengetahuan politik sebagai ganti dari ideologi yang kaku. Dengan demikian aktivitas partai ini dapat sebagai penyeimbang kelompok kepentingan dan kelompok penekan.

Penyebab trend penurunan positif Golkar saat ini berawal dari Faktor kepemimpinan yang buruk, berpotensi mematikan kaderisasi di tubuh partai, penyebab lainnya Golkar tidak memiliki platform yang jelas sehingga tidak ada ideologi perekat antar anggota. Kegagalan regenerasi adalah kegagalan memunculkan tokoh baru yang dapat melakukan reformasi internal, terutama revitalisasi dan kaderisasi. Regenerasi Ketua Umum Golkar adalah hal yang mutlak sebagai simbol Institusi.

_Political Engineering Golkar Baru_ harus terwujud guna menghindari mati surinya partai, stagnansi atau berjalan di tempat. Dari sekian banyak kader terbaik Partai Golkar. Rising Star terbaik adalah Bambang Soesatyo, Saya menilai beliau memiliki kapasitas yang lebih dan mumpuni baik dalam praktisi dan keilmuan sehingga apa yang namanya _SGDG Programs (Sustainable Golkar Development Goals)_ dapat tercapai dengan program – program kepartaian yang tepat sasaran.

Jika menyimak ke belakang saya teringat, Beliau sebagai pencetus E-voting dalam Pileg dan Pilpres artinya BS lebih memahami persoalan bangsa ini secara luas apalagi jika hanya membangun sebuah partai Modern. Bro BS, saya lebih senang mengatakan “Bro” bukan tidak sopan dan hormat tetapi saya lebih memandang Beliau sebagai seorang Polikus yang membumi, Luwes dalam Pergaulan Politik, lengkap dengan ide-ide smart yang brilliant kekinian, mampu membawa Golkar menjadi Digital Party, Kedekatan Beliau dengan golongan milenial sebagai bukti First Touch untuk mendapatkan suara milenial sebagai porsi terbesar Indonesia vooters. Tak kalah pentingnya, Brandmarking seorang Ketua Umum Partai seperti Golkar harus Good Looking and Charming karena Good Looking and charming giving First Impression bagi vooters.

Kerja – kerja politik masa depan menjadi lebih Excited dengan tagline

#2019BS4GolkarBaru
#2024BS4IndonesiaBaru

Ahmad Mahadi Nasution, SH. CATS, CCPS, Wakil Bendahara Bakastratel
DPP Partai Golkar, Fungsionaris Depinas Soksi
Bobby Suhardiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *