Kabar Parlemen

Politisi Golkar Ini Minta Masyarakat Sulsel Jaga Kesehatan

Anggota Fraksi Golkar DPR RI Syamsul Bachri pada sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di gedung PGRI Bone, Senin (6/8/2018).

Kabargolkar – Wakil rakyat asal Sulsel, H Syamsul Bachri, M.Sc terus menunjukkan perhatiannya pada rakyat yang diwakili. Kali ini menyangkut masalah kesehatan warga Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Bone. Anggota Komisi IX DPR RI ini berharap, warga tidak gampang sakit.

“Saya berharap, warga Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Bone tidak gampang sakit. Karena ketika kita jatuh sakit, biaya yang dibutuhkan sangat besar,” kata Syamsul Bachri pada sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di gedung PGRI Bone, Senin (6/8/2018).

Selain biaya mahal, sakit juga membuat tidak ada yang nikmat.

Makanan, kata Syamsul Bachri, bagaimanapun enaknya, tetap tidak enak di tenggorokan bila kita sedang dirawat. Selain itu, semua keluarga jadi repot, dan tidak bisa beraktivitas.

“Lebih dari itu, biaya yang dikeluarkan negara melalui APBN untuk membiayai orang sakit juga sangat besar. Puluhan triliun setiap tahun. Padahal, kalau itu digunakan untuk beasiswa anak-anak kita sampai doktor, tentu akan lebih baik,” kata politisi senior Partai Golkar ini.

Oleh karena itu, lanjut Syamsul Bachri, dirinya sengaja datang dari Jakarta. Bahkan, ia tidak sendiri. Ia juga membawa pejabat dari Kementerian Kesehatan. Tujuannya, menyampaikan informasi agar masyarakat Bone tidak gampang sakit.

Menurut Ketua DPP Partai Golkar ini, ada empat hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan agar tidak gampang sakit. Empat hal ini merupakan langkah-langkah dalam melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Pertama, banyak memakan makanan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan. Kurangi makanan yang bisa membuat gula darah tinggi dan kolesterol tinggi.

“Kedua, banyak bergerak, banyak melakukan aktivitas fisik, sehingga bisa berkeringat. Karena dengan berkeringat, tubuh menjadi sehat,” ungkapnya.

Berikutnya, kata Syamsul Bachri, rajin konsultasi ke dokter. Jangan malas, apalagi sampai menunggu sakitnya parah baru ke dokter. Sebab, jika telanjur parah, tentu sulit penanganannya. Sementara, kalau rajin konsultasi, kalau ada penyakit, bisa cepat diantisipasi.

“Keempat adalah jaga kebersihan lingkungan. Jaga agar tidak ada genangan yang mengundang nyamuk. Jaga agar lingkungan tidak jorok agar tidak ada lalat. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah sebaiknya tidak merokok,” urai mantan Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Mineral dan Batubara ini.

Syamsul Bachri mengingatkan, menjaga kesehatan warga bukan semata tanggung jawab pemerintah. Akan tetapi, harus berbagi tugas dengan masyarakat. Pemerintah dan DPR bekerja menyiapkan infrastruktur pelayanan dan obat-oabatan.

“Masyarakat cukup melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sehingga kesehatannya terjaga dan tidak gampang sakit,” jelasnya via keterangan tertulis.[Tribuntimur]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *