OPINI SOSOK

PON 2020 Babak Baru Olahraga Papua

Kabar Golkar – Tokoh Papua, Syahmud Basri Ngabalin berpendapat bahwa perhelatan PON XX pada 2020 di Provinsi Papua merupakan babak baru dalam pengembangan olahraga di Bumi Cenderawasih, sehingga patut mendapat dukungan dari semua pihak.

PON Papua juga menandakan bahwa olahraga sudah menjadi industri dengan melibatkan para sponsor di tingkat nasional dan bahkan internasional. Peluang ini harus segera dijemput oleh semua pihak dengan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki, kata Syahmud di Kota Jayapura, Papua, Minggu.

Ia mengatakan babak baru bagi olahraga Papua sudah pasti akan terjadi penyediaan atlet-atlet yang memiliki kemampuan di berbagai cabang olahraga.

Hal itu harus segera diperhatikan dan disiapkan jauh-jauh hari, agar Papua bukan saja menjadi penyelenggara yang baik tetapi menjadi peserta yang kaya akan prestasi.

Kita jangan jadi penyelenggara atau penonton saja, tetapi bisa merebut juara, menunjukkan bahwa babak baru olahraga PON XX merupakan milik Papua, baik sebagai tuan rumah dan juga sebagai juara, katanya.

Pelaksanaan PON, kata Syahmud yang merupakan jebolan STM Negeri I Kotaraja, Kota Jayapura itu, merupakan ajang promosi ke publik nasional hingga internasional, bahwa masyarakat Papua dengan segala sumber daya siap menyajikan yang terbaik sebagai bagian dari harkat dan martabat daerah.

Jadi, selain sukses sebagai penyelenggara dengan penuh prestasi, kita juga bisa menyuguhkan dan pamerkan keindahan alam, kuliner, souvenir, hingga tempat-tempat prasejarah dan berejarah kepada peserta PON dan wisatawan lokal/asing yang datang pada perayaan PON, kata suami dari Mamay Ramayani itu.

Dengan kata lain, kata pria kelahiran Fakfak pada 47 tahun silam itu, segala bentuk usaha bisa diciptakan untuk menyambut pesta olahraga yang telah diupayakan oleh Pemerintah Provinsi Papua yang didukung oleh pemerintah pusat.

Hal itu bisa dilihat komitmen yang sedang dilakukan dengan percepatan pembangunan infrastruktur PON yang disebar ke beberapa kabupaten/kota dengan harapan bisa memeratakan pembangunan, salah satunya di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Pemerintah Papua terus berupaya menyajikan pembangunan pelaksanaan PON XX sebagai bentuk pelayanan terbaik, sehingga nantinya menjadi kenangan tersendiri bagi para pengunjung perayaan pesta olahraga terbesar di Indonesia. Ini tak lepas dari perjuangan Lukas Enembe dan Klemen Tinal sebagai pemimpin Papua katanya.

Syahmud juga berharap dukungan penuh dari pemerintah daerah yang ada di Papua dan harus bisa lebih nyata, sehingga PON 2020 sebagai babak baru olahraga bagi provinsi paling timur Indonesia ini bisa terlihat.

Keberhasilan pelaksanaan dan pencapaian prestasi akan tercatat dengan baik di tiap benak dan sanubari rakyat Papua.

Seluruh komponen masyarakat Papua memiliki potensi dengan memberikan dukungan penuh kepada pemerintah daeah untuk selalu beriktiar dalam sukseskan PON XX pada 2020, kata alumnus Universitas Satya Negara Indonesia itu. source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *