KABAR DPD

Purwakarta Gelontorkan Dana Rp22 Miliar untuk Pemerintah Desa

Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika pada pembukaan Bursa Inovasi Desa 2018 Kabupaten Purwakarta, di Gedung Disporaparbud Purwakarta, Jalan Purnawarman, Selasa (04/12/2018). (ist)

kabargolkar.comPURWAKARTA – Pemkab Purwakarta bakal mengguyur seluruh pemerintah desa Rp 22 miliar dana bagi hasil dalam kurun waktu 2 tahun berjalan dimulai 2019 mendatang.

“Pada 2019 mendatang dana bagi hasil untuk pemdes akan kita upayakan untuk dapat diselesaikan,” ujar Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika pada pembukaan Bursa Inovasi Desa 2018 Kabupaten Purwakarta, di Gedung Disporaparbud Purwakarta, Jalan Purnawarman, Selasa (04/12/2018).

Menurutnya, hal itu bertujuan agar desa bisa mandiri dan berdaya untuk mengolah semua sumber daya yang potensial yang ada di desa tersebut.

“Sebelumnya Pemda sudah berinvestasi jangka panjang berupa infrastruktur untuk menunjang pengembangan potensi-potensi desa diberbagai bidang,” kata AR Mustika yang karib disapa Ambu Anne itu.

Ambu menjelaskan, Bursa Inovasi Desa ini, merupakan ikhtiar dan langkah sangat strategis yang digagas Kementerian Desa agar para pengambil kebijakan baik pusat maupun daerah mempunyai gambaran tentang perkembangan dan pembangunan desa.

“Hal ini harus disikapi oleh para aparatur desa secara positif. Mudah-mudahan setiap desa bisa menggali secara maksimal potensi-potensi desa yang bernilai inovasi. Ini Purwakarta Istimewa cara Ambu Anne,” ucap istri Dedi Mulyadi itu berseloroh.

Koordinator Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Purwakarta, Arief Syahid Hidayat mengatakan, ada tiga bursa yang dprioritaskan yang nantinya diharapkan bisa ditiru oleh desa-desa di Purwakarta.

“Ada bursa infrastruktur, bursa ekonomi dan bursa sumber daya manusia. Kita berharap aparatur desa dapat menyerap ide-ide yang ditawarkan pada Bursa Inovasi Desa 2018 ini. Dan tentu saja 2019 nanti bisa diimplementasikan sesuai potensi desa yang ada,” ujarnya. (poskotanews)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *