KABAR DPD

Raperda APBD 2019, Fraksi Golkar Minta Pemkab Balangan Serius Tangani Perbaikan

Salah satu juru bicara fraksi DPRD Kabupaten Balangan (kiri) saat menyampaikan pemandamgan umum fraksinya terkait Raperda APBD 2019. (Foto: Wahyudi/Radar Banjarmasin)

kabargolkar.com, Paringin – Penyampaian Raperda APBD tahun 2019 oleh Bupati Balangan, disambut secara baik oleh lima fraksi di DPRD Kabupaten Balangan pada rapat paripurna pemandangan umum fraksi. Selasa (9/10) malam. Dengan catatan ada beberapa saran dan masukan.

Fraksi Gabungan Amanat Sanggam melalui juru bicaranya, Sahmadi mengungkapkan, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian diantaranya usulan program dan kegiatan yang berasal dari aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui DPRD, untuk lebih diperhatikan dan diprioritaskan.

“Karena dari tercapainya usulan tersebut, menjadi penilaian masyarakat terhadap pemerintah dan bisa meningkatkan elektabilitas Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, berkenaan dengan adanya pelaksanaan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2019, pihaknya menekankan kepada Pemerintah Daerah untuk memberikan anggaran yang memadai bagi kegiatan dan program yang berhubungan dengan bidang politik, baik itu berkenaan dengan pelaksanaan nantinya, maupun untuk fasilitasi keamanan dan stabilisasi politik, agar dapat tercipta Pemilihan Umum yang damai di Kabupaten Balangan.

Terkait adanya pengurangan anggaran 2018 lalu sampai 20%, pihaknya mengimbau harus menjadi perhatian khusus, terlebih saat pemerintah mengajukan anggaran 2019 ini. Selain di samping mematok angka pendapatan yang realistis, di sisi lain pemerintah daerah juga harusnya bisa menggali sumber-sumber pendapatan lainnya, khususnya sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat inovasi-inovasi baru dan terobosan baru.

“Sehingga kesan yang selama ini melekat, di mana PAD hanya dijadikan bagian untuk memenuhi instrumen struktur APBD tanpa digali dengan serius,” imbuhnya.

Sementara itu, Fraksi Golkar melalui juru bicaranya Siprinsyah menuturkan, asumsi-asumsi yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun Rencana APBD tahun 2019 ini sebaiknya diselaraskan dengan asumsi yang digunakan oleh pemerintah pusat dalam menyusun APBN 2019, meskipun Kabupaten Balangan mempunyai parameter sendiri dan dengan metode kajian yang berbeda.

“Selanjutnya kami sampaikan pandangan dan saran kami terhadap beberapa urusan Pemerintah Daerah seperti perbaikan jalan, dimohonkan perhatian dari Pemerintah Daerah untuk penanganannya,” tukasnya. (prokal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *