26 Juli 2021
Prospek Pemuda dalam Politik Menuju 100 Tahun Kemerdekaan Indonesia
  Nyoman Suardhika
  22 Desember 2020
  • Share :
Credit Photo / Istimewa

Oleh: Rizki Mardhatillah

Kabargolkar.com - 
Pemuda di tiap generasi seperti yang telah dikemukakan sebelumnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga, dibutuhkan pendekatan yang unik bagi setiap generasi pemuda. Memasuki era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 (yang akan dimulai pada tahun 2021), perkembangan arus perubahan sosial berlangsung semakin cepat dan masif. Sehingga, munculah berbagai macam fenomena pemuda kontemporer; dalam kajian transisi pemuda konvensional misalnya, terkait dengan tuntutan bagi pemuda untuk menjadi dewasa secara sukses (succesful transition to adulthood).

Pemuda dituntut untuk mempunyai pekerjaan, menikah dan menempati rumahnya sendiri dalam jangka waktu tertentu. Jika hal ini tidak terpenuhi maka transisi pemuda dianggap extended dan sangat mungkin didefinisikan sebagai gagal. Di sisi yang lain, perubahan sosial menuju era modernitas lanjut dan juga era hegemoni neoliberalisme membuat proses negosiasi dalam transisi pemuda menjadi semakin kompleks, rapuh dan rentan terhadap risiko-risiko yang tidak dapat diprediksi baik di masa sekarang maupun di masa depan.

Yang semakin sering terjadi (Sutopo. 2016)
Sebagaimana telah dipaparkan pada bagian awal esai ini bahwa akan diungkap prospek pemuda dalam politik menuju Indonesia Emas 2045. Sebagaimana telah diketahui bahwa pada tahun 2045, Indonesia akan genap berusia 100 tahun. Pada masa itu, Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi yaitu suatu kondisi dimana 70% warga negara negara berada pada usia produktif (15 – 64 tahun).

Kondisi ini dapat menjadi modal utama untuk menuju Indonesia emas 2045, yaitu Indonesia dengan ekonomi yang unggul dalam revolusi industri 4.0, Indonesia dengan pembangunan dan pendidikan berbasis riset yang mampu menghasilkan manusia dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta berdaya saing global. Dua komponen penting dari visi ini yang dikategorikan ke dalam dua poin utama yakni pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) serta pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah bagian dari proses pembangunan nasional Indonesia dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045. Terkait tujuan tersebut, maka kontribusi nyata generasi muda saat ini memainkan peran yang paling penting agar kecerdasan bangsa Indonesia dapat mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia. Adapun aspek-aspek pengembangan sumber daya manusia tersebut terdiri dari aspek pendidikan dan juga kesehatan.

Selain itu, kontribusi generasi muda dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan secara realistis dapat dilihat dengan munculnya entrepreneur, serta startup founder yang menghasilkan berbagai lapangan pekerjaan baru, sehingga mampu membantu pemerintah dalam menyerap tenaga kerja, mengurangi tingkat pengangguran dan pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Beberapa prospek bagi pemuda dalam politik menuju Indonesia Emas 2045 antara lain: memaksimalkan pengembangan SDM, diperlukan materi pendidikan yang lebih implementatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi seperti entrepreneurship, critical thinking, roblem solving dan kreativitas.

Sehingga generasi muda kedepannya mampu bersaing dengan tantangan global yang akan datang, mempersiapkan generasi muda dengan dasar bisnis dan kewirausahaan yang selaras dengan perkembangan teknologi sehingga generasi muda nantinya tidak hanya membutuhkan lapangan kerja tapi juga mampu membuat lapangan pekerjaan yang lebih adaptif dan berdampak dengan memanfaatkan teknologi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pemuda dalam politik menuju Indonesia Emas 2045 memiliki prospek yang baik. Dimulai dengan peran strategis pemuda dalam berbagai peristiwa penting bangsa Indonesia, di samping itu juga pemuda dituntut memiliki berbagai keterampilan agar mampu mengoptimalkan potensi terbaiknya dalam perkembangan yang akan datang.



Rizki Mardhatillah, SH, MH. Sekretaris PD AMPG Kota Binjai

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.