28 Januari 2021
Dorong Kebangkitan Sektor UMKM, PP KPPG Siap Gerakan Roda Perekonomian Masyarakat
  Nyoman Suardhika
  23 Desember 2020
  • Share :
Credit Photo / Istimewa

Kabargolkar.com - Pimpinan Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) bertajuk “Strategi Pemulihan Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Akibat Pandemi COVID-19” pada Senin (21/12).

Dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 150 peserta dari anggota KPPG serta pelaku UMKM. Sekretaris Jenderal KPPG ibu Lindsey Afsari Puteri menyampaikan wujud nyata kepedulian KPPG terhadap UMKM Indonesia agar sektor ini dapat segera bangkit dan kembali menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

“Di masa pandemi ini, Partai Golkar secara aktif mendukung program pemerintah, utamanya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Karenanya, KPPG sebagai sayap partai harus memastikan bahwa program ini tepat guna dan tepat sasaran, yakni bagi pelaku usaha ekonomi, termasuk di dalamnya para Ibu atau perempuan pelaku UMKM. Untuk itu, semoga webinar ini dapat dimanfaatkan untuk pengayaan informasi dan jejaring bagi solusi permasalahan ekonomi, khususnya UMKM yang terkendala saat ini,” ungkap Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat KPPG Lindsey Afsari Puteri mewakili Ketua Umum Airin Rachmi Diany

Dalam kesempatan ini, Sebagai narasumber, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin yang juga menjabat sebagai Ketua Koordinator Bidang Perekonomian PP KPPG menyampaikan catatan kritis terhadap kinerja penyelenggaraan Program PEN bagi sektor UMKM yang terdampak pandemi.

“Dengan berbagai stimulus yang disiapkan pemerintah dan dukungan dari otoritas terkait, kita tentu mengharapkan sektor UMKM dapat segera pulih karena perannya yang sangat krusial bagi perekonomian nasional. Untuk mewujudkan itu, penyempurnaan sistem pendukung yang ada perlu terus didorong dan digalakkan, baik dari sisi integrasi basis data penerima stimulus, mekanisme penyaluran, hingga harmonisasi regulasi,” papar Puteri.

Selaku #WakilRakyat yang bertugas di @fraksigolkar @dpr_ri sekaligus sebagai Ketua Koordinator Bidang Perekonomian @...

Posted by Puteri Anetta Komarudin on Tuesday, December 22, 2020

Narasumber lainnya, Pemimpin Wilayah Jamkrindo Kantor Wilayah IV Bandung Dody Novarianto, menjabarkan mengenai implementasi peran Jamkrindo dalam pemulihan UMKM.

“Selain melakukan penjaminan restrukturisasi bagi debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang terdampak, Jamkrindo juga mendapatkan mandat dalam pelaksanaan program penjaminan PEN. Akselerasi penjaminan tersebut akan terus kami upayakan dengan melibatkan mitra perbankan karena masih banyak potensi yang bisa digali.

Tentunya, kami tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian (prudential banking) dan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance),” ujar Dody. Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan Maya Mardiana pun hadir untuk menjelaskan berbagai bentuk dukungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam mendukung sektor UMKM yang terdampak pandemi di daerahnya.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.