KABAR DPD Kabar Parlemen

Rina Polapa: Monitoring Fasilitas dan Infrastruktur Dilakukan Pasca Pembangunan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Fraksi Partai Golkar, Rina Polapa mengungkapkan, hasil pembangunan yang dilaksanakan baik itu merupakan infrastruktur ataupun bangunan lainnya jangan hanya dibiarkan begitu saja setela selesai dibangun. [foto: dok. Hargo]

kabargolkar.com, GORONTALO – Fasilitas dan infrastruktur yang memadai dinilai menjadi wajah bagi suatu daerah sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tentu, hal tersebut harus dibarengi dengan pemeliharaan fasilitas dan infrastruktur secara berkala.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Fraksi Partai Golkar, Rina Polapa mengungkapkan, hasil pembangunan yang dilaksanakan baik itu merupakan infrastruktur ataupun bangunan lainnya jangan hanya dibiarkan begitu saja setela selesai dibangun.

“Harus dilakukan monitoring dan juga evaluasi pasca pelaksanaan pembangunan. Monitoring dan evaluasi tersebut akan sangat bermanfaat untuk keberlanjutan fungsi dan keawetan dari infrastruktur yang merupakan aset berharga daerah agar terpelihara,” ungkap Rina.

Politisi cantik ini menambahkan, ada begitu banyak infrastruktur daerah yang telah dibangun mulai dari jalan, bangunan, infrastruktur pertanian baik itu irigasi maupun bendungan dan lainnya ada yang telah dibangun.

“Namun dari informasi yang kami peroleh, ada juga beberapa infrastruktur tersebut yang mulai menunjukan adanya kerusakan ringan hingga menengah. Olehnya monitoring yang dilakukan secara berkala akan sangat penting untuk mengetahui kondisi setiap aset daerah tersebut,” kata Rina.

Menurutnya, apa yang disampaikan ini akan sangat berguna ke depan bagi masyarakat, terlebih jika aset tersebut merupakan fasilitas umum baik itu merupakan jalan maupun lainnya.

“Apalagi jalan yang hingga kini belum ada peningkatan yang dilaksanakan, maka pemeliharaan yang dilakukan akan sangat bermanfaat bagi kondisi aset infrastruktur yang ada tersebut,” tegasnya.

Tidak sedikit uang daerah yang digunakan dalam membangun sebuah fisik bangunan, oleh karenanya pemanfaatan atas aset tersebut juga harus maksimal. Jangan sampai, lanjut Rina, pemanfaatan yang direncanakan akan berlangsung lama justru tidak akan terpenuhi.

“Pemeliharaan secara berkala akan sangat penting agar aset atau pun bangunan fisik tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal karena terpelihara dengan baik secara berkala,” tandasnya. [Hargo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *