KABAR DPD

Sahbirin Noor Ingin Pembangunan Transportasi Dorong Ekonomi di Kalsel

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor (MI/Denny Susanto)

kabargolkar.comBARITO – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berharap pembangunan transportasi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, serta menyatukan daerah-daerah di wilayahnya.

“Kami mengusulkan pembentukan peraturan daerah (perda) sebagai payung hukum transportasi di wilayah Kalsel,” kata Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie, di Banjarmasin, Senin (12/11), menyampaikan penjelasan Raperda dari Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Abdul Haris mengatakan, sesuai keinginan gubernur, transportasi di Kalsel harus lebih berperan sebagai penunjang, pendorong dan penggerak bagi pertumbuhan daerah.

Bagi gubernur, menurut dia,  pembangunan transporasi  masih belum optimal dalam upaya peningkatan dan pemerataan pembangunan.

Gubernur dalam pesannya berharap Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan nantinya dapat mendukung berbagai bidang pembangunan, serta berperan mendukung tumbuh dan berkembangnya berbagai industri barang dan jasa.

Karena itu pula, mengingat pentingnya fungsi Raperda tersebut, gubernur mengharapkan dukungan anggota DPRD Kalsel.

’’Dukungan para wakil rakyat atau anggota terhormat itu antara lain memberikan saran masukan secara komprehensif dalam pembahasan Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Kalsel,” harapnya.

Ia menambahkan, penyelenggaraan perhubungan di daerah juga bertujuan mewujudkan pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang terpadu, aman, nyaman, selamat, tertib dan lancar.
Selain itu, untuk mewujudkan etika berlalu lintas dan budaya keselamatan dalam penyelenggaraan perhubungan, serta penegakan hukum dan kepastian hukum bagi masyarakat.

Pasalnya pengaturan dalam penyelenggaraan perhubungan merupakan sebuah konsekuensi yang harus pemerintah daerah penuhi, sebab perhubungan merupakan bagian dari pelayanan publik, kata Sahbirin.

Rapat paripurna dengan agenda penyampaian penjelasan Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan tersebut dipimpin ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Burhanuddin. (baritopost)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *