KABAR DPD KABAR GOLKAR KABAR KADER KABAR NASIONAL

Sebagian Kartu Identitas Ahmad Mughni ditemukan, Ketua DPD I Golkar Babel Doakan yang Terbaik

kabargolkar – sejumlah pengurus DPD I Partai Golkar Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendatangi kediaman Ahmad Mughni di Kelurahan Berok, Kecamata Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (30/10/2018). Mughni adalah kader Partai Golkar dan anggota DPRD Bangka Belitung yang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

Tampak hadir Ketua DPD I Golkar Babel Hendra Apollo, Wakil Ketua Effredi Effendi, Sekretaris Tommy Chandra, dan petinggi partai lainnya seperti Ketua DPD Golkar Kota Pangkalpinang Irianto Tahor, Ketua DPRD Algafry Rahman, pengurus Golkar Bangka Tengah, Suwanda, Palmulip dan pengurus lainnya.

Sebelumnya, tampak pula Hudarni Rani, mantan Gubernur Bangka Belitung Hudarni Rani yang kini Anggota DPD RI beserta rombongan dan diterima ibunda Mughni, Hj. Susnawati Sobirin, Suryansyah adik kandung, dan anaknya Arraisyah.

“Kami tidak bisa berbuat apa-apa kecuali hanya pasrah dan berdoa. Namun kami tetap berharap ada keajaiban dari Allah SWT untuk kader terbaik Golkar ini,” ujar Hendra Apollo disela-sela kunjungan ke kediaman Mughni di Koba.

Dikatakannya, Mughni yang merupakan Anggota Komisi III DPRD Bangka Belitung ini adalah kader terbaik yang dimiliki Partai Golkar Bangka Tengah dan Bangka Belitung.

“Kami atas nama Keluarga DPD I Golkar Babel merasa kehilangan saudara kami Ahmad Mughni yang merupakan kader terbaik yang kami miliki. Kami mengharapkan beliau juga bisa eksis di Golkar. Harapan-harapan kami juga banyak bergantung dengan beliau dalam rangka membesarkan Golkar di Bangka Tengah,” ungkapnya.

Hendra Appolo yang juga Wakil Ketua DPRD Babel ini berharap baik keluarga maupun Partai Golkar Bangka Belitung, H. Ahmad Mughni masih mempunyai harapan hidup. Selain itu, agar kejadian ini tidak terulang kembali dimasa yang akan datang, karena akan memakan banyak nyawa manusia.

“Tetapi jika Allah berkehendak lain, kami dari Partai Golkar bersikap pasrah. Tapi harapan kami beliau masih ada, baru tiga hari yang lalu saya ketemu dengan beliau,” tandasnya sedih.

Sosok Pejuang
Di kesempatan sama, Ketua DPRD Bangka Tengah Algafry Rahman memuji sepak terjang kader Golkar Ahmad Mughni. Menurutnya, Partai Golkar Bangka Tengah menjadi besar seperti sekarang tidak terlepas dari tangan dingin sahabatnya itu yang dengan susah payah membesarkan Partai Golkar.

“Sejak tahun 2004, beliau terpilih jadi Ketua Golkar Bangka Tengah dan Pimpinan DPRD Bangka Tengah. Kemudian tahun 2014 kembali mencalonkan jadi Anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung Dapil Bangka Tengah dan terpilih, luar biasa,” ujar Ayi sapaan akrab Algafry.

Atas musibah ini, pihaknya atas nama keluarga besar DPRD Bangka Tengah mengucapkan belasungkawa, dan mengharapkan keluarga korban diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi ujian ini.

“Kami merasa telah kehilangan sosok kader terbaik yang pernah dimiliki Partai Golkar Bangka Tengah. Kami merasa kehilangan dengan sosok pejuang pembangunan di Bangka Tengah,” ungkapnya lirih.

Dipenghujung wawancara, Ayi mengajak keluarga besar DPRD Bangka Tengah dan masyarakat untuk menyampaikan doa sekaligus dukungan moril terhadap keberadaan Ahmad Mughni.
“Sekali lagi, kami hanya berharap atas keberadaannya seperti apa pun bentuknya,” tambah dia.

Pantauan wartawan harian ini, selama di kediaman Mughni, rombongan DPD I Golkar Babel mendengar cerita pihak keluarga terkait musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang.

kartu identitas Ahmad Mughni ditemukan

Kabar terakhir yang diperoleh, sejumlah kartu milik Ahmad Mughni telah ditemukan tim SAR gabungan di perairan Tanjung Kerawang, Jawa Barat. Kartu-kartu bertuliskan nama Ahmad Mughni itu diantaranya beberapa ATM, kartu nama, Kartu BPJS Kesehatan dan lain sebagainya. Diduga kartu-kartu itu ditemukan setelah tim mendapatkan dompet atau tas tangan yang kerap digunakan Ahmad Mughni.

Keluarga Beri Data
Dilain pihak, sebanyak 42 keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di Perairan Tanjung Karawang pada Senin pagi, telah memberikan data Antemortem pada posko DVI Antemortem di Bandara Depati Amir Pangkalpinang.
“Memang sebelumnya, jumlah keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 ini sudah ada 40 orang yang memberikan data Antemortem sampai dengan pukul 13.20 WIB siang tadi. Tapi, data ini terus bertambah dan yang terakhir menjadi 42 orang hingga pukul 17.00 WIB,” ungkap Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), AKBP Abdul Mun’im kepada Rakyat Pos, Selasa (30/10/2018) malam.

Tim DVI Bidang Dokkes Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah mendirikan posko DVI Antemortem di Bandara Depati Amir Pangkalpinang sejak Senin (29/10), pasca jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610 rute penerbangan Jakarta-Pangkalpinang.

“Jadi, sekarang ini kami masih menerima aduan keluarga korban untuk memberikan data-data Antemortem. Posko bersama ini kita dirikan untuk mengumpulkan data antemortem, yakni data-data korban sebelum meninggal dunia,” jelasnya.

Mun’im menyebutkan, data-data yang harus dibawa oleh pihak keluarga korban ke Posko DVI seperti KTP, Ijazah, foto rontgen (gigi korban) bila punya. Selain itu, foto korban yang memperlihatkan giginya, catatan kesehatan korban (rekam medis), pemeriksaan DNA. Disarankan DNA pembanding dari anak kandung, istri dan orangtua kandung, dan perlengkapan pribadi korban seperti sikat gigi, topi dan lainnya.

“Nanti, data tersebut akan dikirimkan ke Jakarta guna proses identifikasi mengenai ciri-ciri korban yang telah ditemukan. Melalui data pencarian NIK dan pencarian nama, tempat tanggal lahir dengan peralatan Inafis Portabel System (IPS) langsung tersambung server Mendagri serta server Pusinafis Mabes Polri,” sebutnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, Tim Inafis Polda Babel awalnya telah mendapatkan sebanyak 29 korban di posko DVI Antemortem. Namun kemudian, pembanding sidik jari serta identitas korban juga terus bertambah jadi 34 hingga pukul 18.30 WIB.

“Kami menghimbau kepada keluarga korban yang akan melaporkan data keluarganya untuk dapat membawa copy Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) korban. Data ini sangat penting dikarenakan tim Inafis untuk mencari data pembanding melalui data E-KTP korban dan juga melalui server Mendagri dan Pusinafis Mabes Polri,” tukasnya.

Sementara itu, dari rilis yang dikirim pihak manajemen Lion Air ke email redaksi Rakyat Pos tadi malam terkait informasi terkini Penanganan Penerbangan Lion Air JT-610 Rute Soekarno-Hatta, Tangerang ke Pangkalpinang, Lion Air telah menerima konfirmasi dari Badan SAR Nasional (BASARNAS) yaitu ditemukan 24 kantong jenazah per 29 Oktober 2018. Total tersebut sudah dibawa dan berada di RS POLRI Kramat Jati, Jakarta Timur.

Saat ini, sebagian dari pihak keluarga penumpang dan kru sudah berada di RS POLRI untuk proses identifikasi (Disaster Victim Identification). Sehubungan dengan penanganan penerbangan JT-610 bahwa Lion Air telah memberangkatkan keluarga penumpang maupun kru JT-610 terdiri 168 orang yang berasal dari Pangkalpinang, Bangka, tiga orang dari Medan, Sumatera Utara; dua orang dari Padang, Sumatera Barat; empat orang dari Yogyakarta; dua orang dari Madiun, Jawa Timur; empat orang dari Demak, Jawa Tengah.

Lion Air saat ini sudah mempersiapkan dan melakukan pendampingan psikologi kepada keluarga (family assistant) di posko utama JT-610. Jajaran manajemen Lion Air juga akan melakukan kunjungan ke posko Halim Perdanakusuma, RS POLRI, Karawang dan Tanjung Priok.

Untuk upaya evakuasi seluruh penumpang, kru dan pesawat JT-610 yang mengalami kecelakaan pada (29/10) di perairan Karawang, Jawa Barat terus dilakukan. “Kami sangat prihatin dengan kejadian tersebut dan Lion Air akan terus berkoordinasi bersama semua pihak untuk mempercepat kepastian infomasi terkait dengan keadaan penumpang dan awak pesawat.

Kiranya kepada keluarga penumpang beserta awak pesawat diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menerima cobaan ini serta kepada para petugas SAR diberikan kelancaran dan kemudahan. Terkait dengan kejadian dimaksud, Lion Air membuka crisis center dan untuk infomasi penumpang di nomor telepon (021)-80820002. Lion Air akan terus menyampaikan informasi terbaru sesuai perkembangan lebih lanjut,” tulis Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro.{rakyatpos}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *