KABAR KADER KARYA KEKARYAAN

Sekretaris SOKSI: Pileg 2024 Foto Caleg Harus Ada


kabargolkar.com, BLITAR – Melihat masih kurangnya minat baca tulis masyarakat Indonesia, Yulius Eko Wahyono berpendapat seharusnya untuk pemilihan legislatif kedepan foto para caleg harus ada disurat suara, tidak seperti pileg 2019, yang hanya terpampang nama tanpa disertai foto.

“Seharusnya untuk surat suara yang DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota harus dipasang foto. Ini bukan masalah penghematan anggaran, tetapi ini berdasarkan asas keadilan”. Tegas Sekretaris SOKSI Kabupaten Blitar.
“DPD juga merupakan jabatan politik, tetapi mengapa hanya DPD yang memiliki foto di surat suara?” tanya Eko lebih lanjut.

Menurut Eko, ini merupakan tugas besar bagi legislator-legislator Golkar yang terpilih duduk di kursi parlemen. Karena anggaran Pemilu juga menggunakan APBN maka seharusnya surat suara juga memiliki hak yang sama.

“Jadi tidak sekedar nama saja untuk caleg DPR RI, DPRD 1 dan DPRD 2, harus ada foto juga karena ini berkaitan dengan kenal tidaknya para pemilih terhadap caleg-calegnya yang akan dipilih, bukan hanya nama saja.” Jelasnya.

Kader Partai Golkar yang juga merupakan Ketua Asosiasi Jasa Konstruksi ASPERTANAS Jatim tersebut lebih lanjut menjelaskan bahwa kondisi pemilih pada 2019 ini adalah yang dicari adalah foto para caleg. Namun ketika berada di bilik suara, para pemilih terutama orang tua bingung mencoblos yang mana karena kebanyakan para orang tua tidak bisa membaca.

“Ini harus menjadi evaluasi besar bagi semua pihak, terutama teman-teman fraksi Golkar periode 2019-2024”. Tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *