KABAR GOLKAR

Serba-serbi AI, Jurus Golkar Raup Suara di Pileg 2019

pileg 2019

ilustrasi (futureoflife.org)

kabargolkar.com AI? Apalagi tuh? Nah, bagi yang belum mahfum, AI itu singkatan istilah berbahasa Inggris, yaitu Artificial Intelligence. Bila diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia artinya menjadi kecerdasan buatan. Lalu, apa hubungannya dengan perpolitikan di Indonesia, khususnya Partai Golkar dalam menghadapi Pileg 2019?

Istilah AI atau Artificial Intelligence terungkap lewat pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Beliau mengungkapkannya pada Rabu (19/12/2018) usai memberi pembekalan caleg DPR RI Partai Golkar di Gedung DPP Partai Golkar. Airlangga mengatakan partainya memiliki tools atau teknologi untuk penggalangan suara.

Lebih lanjut, sosok yang juga menjabat sebagai Menteri Perindustrian ini mengatakan bahwa teknologi digital dan industri 4.0 berkembang terus. Perkembangan ini kemudian memunculkan big data artificial intelligence. Demikian gambaran Airlangga saat menjelaskan soal tools yang akan digunakan Partai Golkar.

Berita terkait: Target Raup Suara, Golkar Bakal Gunakan Ini di Pileg 2019

Sebenarnya Istilah artificial intelligence (AI) sudah lama dibicarakan. Dalam konteks global, AI diperkirakan akan menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan di masa depan. Tokoh-tokoh ternama seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Elon Musk ramai membicarakannya. Tidak hanya itu, bahkan beberapa universitas ternama di dunia sampai perlu mempelajarinya dengan membuka jurusan khusus tentang AI.

Nah, berikut akan disampaikan secara singkat perihal AI atau Artificial Intelligence ini.

Definisi umum

Artificial Intelligence, sesuai namanya merupakan kecerdasan buatan yang tercipta berkat perkembangan dan kecanggihan teknologi. Awal penciptaannya ditujukan untuk membantu manusia dalam berbagai hal. Dari sinilah kemudian muncul ‘mengadopsi kecerdasan manusia’. Dalam beberapa hal AI lebih canggih. AI dapat berbentuk sebatas program software, gadget, bahkan sampai berupa robot. Contoh terkini tentang AI yang sedang marak perkembangannya adalah mobil yang bisa menyetir sendiri (self-driving car). Contoh lainnya aplikasi AI seperti drone canggih untuk militer, serta robot yang beroperasi di pabrik secara otomatis. Manusia hanya mengawasi saja.

Pemakaian teknologi AI dalam pabrik otomotif (Flickr/Steve Jurvetson)

selanjutnya: Kontroversi AI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *