KABAR NASIONAL

Setelah Infrastruktur, Saatnya Fokus Bangun SDM

kabargolkar.com

ilustrasi pengembangan SDM (net)

kabargolkar.com Pembangunan selama lima tahun terakhir ini sangat menitikberatkan pada pengembangan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia. Banyak jalan, jembatan, maupun sarana-prasarana baru yang terbangun yang semuanya diperuntukkan bagi pergerakan roda ekonomi dan pembangunan di masyarakat.

Pada periode berikutnya, pembangunan infrastruktur masih menjadi resep pembangunan negeri Ini. Luasnya wilayah dan upaya percepatan pembangunan untuk mengejar ketertinggalan membuat pembangunan infrastruktur tidak dapat ditinggalkan. Hanya saja, saatnya fokus pembangunan beralih ke sumber daya berikutnya, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM).

Fokus pembangunan SDM perlu dilakukan dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi. Salah satu caranya yaitu dengan mendorong peningkatan kualitas pendidikan nasional.  Peningkatan kualitas SDM Indonesia melalui peningkatan mutu pendidikan sangat menentukan dalam memenangkan kompetisi dan persaingan dengan negara-negara lain.

SDM berkualitas memenangkan masa depan

Terlebih kemajuan teknologi dan revolusi industri 4.0 yang melanda dunia saat ini membuat SDM Indonesia wajib mempersiapkan diri menghadapi hal-hal tersebut. Setelah Infrastruktur, kualitas sumber daya manusia yang baik serta logistik merupakan dasar upaya peningkatan daya saing Indonesia dengan negara lain.

Percepatan pembangunan infrastruktur selama ini akan menjadi sia-sia bila tidak diiringi dengan pembangunan manusianya. Harus diingat bahwa sumber daya manusia adalah operator dari infrastruktur  yang ada. Bila tidak diurusi dengan baik, SDM dengan kualitas seadanya hanya akan menjadi beban di masa mendatang. seandainya saat ini menomorduakan investasi sumber daya manusia.

Golkar perlu terus dorong peningkatan kualitas SDM

Partai Golkar perlu terus mendorong peningkatan pembangunan sumber daya manusia yang meliputi pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial. Ketiga hal tersebut paling berpengaruh dalam memangkas kesenjangan kesejahteraan sekaligus mendorong laju pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Saat ini, Partai Golkar memiliki program 4G yang diusung dalam Pemilihan Legislatif 2019. Program 4G tersebut secara garis besar yaitu sembako murah, lapangan pekerjaan tersedia, perumahan yang terjangkau dan industri 4.0.

Program pengembangan industri 4.0 ini mencakup persiapan sumber daya manusia Indonesia untuk menghadapi dan memenangkan perubahan era industri yang sangat cepat berubah dan terus berkembang pesat. Kementerian Perindustrian RI yang dipimpin oleh Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar pun sigap dengan hal ini. Melalui pendidikan dan vokasi, secara nyata Partai Golkar telah bergerak dan fokus membangun kualitas manusia negeri ini.

Golkar perlu terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia indonesia melalui dua hal. Pertama, perbaikan sistem pendidikan. Revitalisasi pendidikan vokasi sesuai perkembangan teknologi perlu dilakukan, agar SDM yang ada mampu memenuhi kebutuhan industri dan perkembangan teknologi.

Kedua, melakukan peningkatan keterampilan para pencari kerja dan pekerja yang telah berpengalaman. Caranya yaitu dengan pelatihan vokasi serta program sertifikasi berstandar global.

Tentu saja, untuk mendukung program-program tersebut, harus tersedia cukup dana. Harus dikawal dan dipastikan bahwa anggaran pendidikan yang dipersiapkan di APBN dapat mendukung program-program peningkatan kualitas sumber daya manusia bangsa ini. (kabargolkar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *